Canon EOS C70, Kamera Sinema dengan Mount RF Berbodi Ringkas

Senin, 08 Februari 2021 - 18:12 WIB
Canon EOS C70 mewarisi banyak fitur profesional yang ditemukan di lini EOS Cinema sebelumnya. Di antaranya, dua Audio XLR mini, dial kontrol audio, Timecode IN/OUT, terminal HDMI, dan fungsi Direct Touch Control baru yang dirancang untuk mengubah pengaturan perekaman dengan cepat, langsung dari panel LCD layar sentuh yang sangat responsif. Dengan demikian, proses pemfokusan gambar menjadi lebih cepat dan lebih intuitif.



Mount Adapter EF-EOS R 0.71x

EOS C70 adalah kamera sinema EOS system pertama yang memiliki dudukan lensa RF, sehingga kompatibel dengan lensa RF dari sistem EOS R Canon. Namun pengguna juga bisa menggunakan lensa EF dengan bantuan Mount Adapter EF-EOS R 0.71x (dijual terpisah) agar memungkinkan pengguna untuk lebih leluasa berkreasi dengan berbagai pilihan lensa seri EF untuk fleksibilitas produksi video.

"Mount Adapter ini dikemas dengan menyertakan Lock Plate yang membuat adaptor secara mekanis lebih aman saat digunakan di lapangan," tambah Monica.

Dia menjelaskan, sistem optik Mount Adapter EF-EOS R mampu mengurangi focal length lensa sebesar 0,71x, memungkinkan pengguna untuk merekam video menggunakan lensa EF yang awalnya dirancang untuk kamera dengan sensor full-frame, namun bisa digunakan pada kamera ini dengan hasil yang sama. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan sekitar satu stop diafragma (bukaan lensa "f-number") tambahan, supaya pengguna dapat menciptakan video berkualitas tinggi dengan noise yang minim menggunakan ISO rendah saat proses shooting di tempat yang minim cahaya seperti di dalam ruangan atau pada malam hari.



Hal pembeda Mount Adapter EF-EOS R 0.71x dari adaptor lainnya yang tersedia di pasaran, ialah kompatibilitas elektronik sepenuhnya antara lensa EF dan RF Mount pada EOS C70. Hal ini memastikan, bahwa semua bentuk metadata (f number/diafragma, nilai pencahayaan, panjang fokus, Dual Pixel CMOS AF & koreksi iluminasi perifer) dapat berjalan lancar, sehingga kombinasi antara lensa EF dan bodi RF dapat digunakan tanpa hambatan.

Saat menggunakan lensa EF dengan Mount Adapter tambahan, fungsi fokus otomatis Dual Pixel CMOS AF pada kamera sinema digital EOS C70 tetap dapat berjalan secara maksimal. Sama seperti kamera sinema digital yang memiliki dudukan lensa EF bawaan. Dengan demikian, investasi atas lensa EF yang terdahulu tetap relevan dan tetap dapat digunakan di kamera sinema EOS terbaru dari Canon.

"Canon Cinema EOS C70 body only dibanderol harga Rp98 juta. Sedangkan Mount Adapter EF-EOS R 0.71x seharga Rp11.000.000," pungkasnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More