6 Perbedaan Kamera Mirrorless dan DSLR yang Wajib Diketahui

Rabu, 20 September 2023 - 19:35 WIB
loading...
6 Perbedaan Kamera Mirrorless dan DSLR yang Wajib Diketahui
Perbedaan antara kamera mirrorless dan DSLR wajib diketahui mereka yang sedang berburu kamera. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Mirrorless dan DSLR adalah dua jenis kamera yang sama-sama banyak digunakan saat ini. Terutama oleh pecinta fotografi. Tapi, apa sih bedanya?

Kamera DSLR atau Digital Single Lens Reflex adalah kamera modern dari SLR yang menggunakan sensor pencitraan digital. DSLR merupakan kamera yang sering digunakan oleh fotografer profesional karena kualitas gambarnya yang tinggi.

Namun, perkembangan zaman yang terus maju membuat kamera DSLR tersaingi dengan munculnya kamera jenis mirrorless. Desain yang lebih ramping membuat jenis mirrorless semakin banyak digunakan.

Berikut perbedaan antara kamera DSLR dengan kamera Mirrorless
6 Perbedaan Kamera Mirrorless dan DSLR yang Wajib Diketahui

1. Ukuran dan Berat

Kamera mirrorless tidak memiliki rakitan cermin dan prisma seperti kamera DSLR, sehingga membuat kamera mirrorless umumnya lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan kamera DSLR yang cukup besar dan berat.

2. Viewfinder

Kamera DSLR memiliki viewfinder optik, sedangkan kamera mirrorless memiliki viewfinder elektronik. Kamera DSLR menghasilkan gambar sesuai dengan yang dilihat di viewfinder, sedangkan dengan kamera mirrorless, pratinjau langsung gambar di jendela bidik elektronik.

3. Autofocus

Kamera mirrorless memiliki fokus otomatis yang lebih cepat dan akurat dibandingkan kamera DSLR, berkat sistem fokus otomatis deteksi fase pada sensornya. Namun, kamera DSLR juga tidak kalah dalam kecepatan autofocus.

4. Lensa

Pilihan lensa pada kamera DSLR lebih banyak dibandingkan dengan kamera mirrorless.

5. Baterai

Kekuatan daya baterai kamera mirrorless lebih pendek dibandingkan DSLR karena penggunaan viewfinder elektronik yang terus menyala.


6. Kualitas

Kualitas foto dan video antara kamera DSLR dengan mirrorless dapat dikatakan sebanding karena penggunaan sensor pada kedua kamera tersebut menggunakan ukuran yang sama.

Itulah perbedaan dari kamera DSLR dan mirrorless. Tentu bagusnya kamera DSLR atau mirrorless tergantung spesifikasi dan kondisi atau prefrensipenggunanya.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2482 seconds (0.1#10.140)