Kamera Seukuran Sebutir Beras Dilengkapi Sensor Canggih Diperkenalkan

Selasa, 19 September 2023 - 17:07 WIB
loading...
Kamera Seukuran Sebutir Beras Dilengkapi Sensor Canggih Diperkenalkan
Kamera Seukuran Sebutir Beras. The Verge
A A A
JAKARTA - Sebuah gambar yang memperlihatkan kamera bedah kecil seukuran sebutir beras menjadi viral di media sosial baru-baru ini.


Sensor pencitraan tersebut memicu banyak rasa ingin tahu di kalangan netizen karena menunjukkan kemajuan signifikan dalam teknologi miniatur.

Seperti dilansir dari NDTV, perangkat tersebut dikenal sebagai OV6948, dibuat oleh OmniVision Technologies yang berbasis di AS.

Perangkat ini juga dinobatkan sebagai sensor pencitraan terkecil yang tersedia secara komersial oleh Guinness World Records dengan ukuran hanya 0,575 milimeter persegi (mm).

OmniVision mengembangkan perangkat medis inovatif untuk memenuhi permintaan pasar dalam akses anatomi yang lebih tidak invasif dan lebih dalam.

Perangkat ini juga dilaporkan dapat mengatasi banyak tantangan peralatan pencitraan medis yang dapat digunakan kembali, termasuk risiko kontaminasi silang dan inefisiensi karena tingginya biaya pemeliharaan.

“Industri saat ini didorong oleh rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengenai masalah kontaminasi silang akibat pembersihan endoskopi yang tidak tepat,''

“Dalam konteks ini, semua produsen besar sedang mengembangkan endoskopi sekali pakai berdiameter kecil dan hemat biaya dengan kualitas gambar tinggi,” kata Analis Teknologi Pencitraan Medis dan Pasar, Marjorie Villien.

OV6948 adalah satu-satunya kamera ultra-kecil dengan penerangan belakang yang memberikan kualitas gambar luar biasa dalam performa cahaya rendah, meningkatkan sensitivitas, dan membantu mengurangi panas dioda pemancar cahaya (LED).
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2361 seconds (0.1#10.140)