Fakta Tentang Kamera Leica Produksi 1948 yang Terjual Seharga Rp14 Miliar

Minggu, 25 Juni 2023 - 21:31 WIB
loading...
Fakta Tentang Kamera Leica Produksi 1948 yang Terjual Seharga Rp14 Miliar
Kamera Leica Produksi 1948. FOTO/ MACFILOS
A A A
JAKARTA - Belakangan ini tengah heboh soal kamera antik yang mengikuti lelang dan terjual dengan harga yang cukup fantastis.



Pembeli yang akhirnya bisa meminang kamera antik tersebut pun memberikan harga yang tidak main-main, yakni sekitar Rp14 miliar.

Kamera antik tersebut yakni kamera Leica 250 GG Reporter. Dalam lelang yang digelar oleh Leitz Photographica Auction yang digelar pada pertengahan bulan Juni, kamera tersebut sukses meraih harga penjualan tertinggi di acara itu dengan harga 900.000 euro atau sekitar Rp14 miliar.

Melihat harga lelang tersebut, tentunya banyak orang yang penasaran mengapa harga kamera antik tersebut bisa sangat fantastis, bahkan melebihi harga supercar. Seperti yang dikutip dari australian photography, berikut ini sejumlah fakta tentang Kamera Leica 250 GG Reporter.

1. Terjual di Salah Satu Lelang Terbesar dan Paling Terkenal di Dunia


Kamera Leica 250 GG Reporter laku terjual Rp14 miliar di Leitz Photographica Auction. Rupanya, lelang tersebut dikabarkan merupakan salah satu lelang terbesar dan paling terkenal di dunia untuk kamera dan aksesoris antik.

2. Salah Satu Kamera yang Dilengkapi Penggerak Motor Listrik Terpisah


Leica 250 GG Reporter adalah salah satu dari 92 kamera Leica Reporter yang dilengkapi dengan penggerak motor listrik terpisah. Kabarnya hanya sekitar 16 yang masih bertahan.

3. Digunakan untuk Pengintaian Udara


Menurut Leica, German Luftwaffe STUKA dive bombers menggunakan kamera tersebut untuk pengintaian udara. Tapi, karena penggerak biasanya dipasang permanen ke pesawat induk, tentara akan menukar kamera dibanding menangani seluruh perakitan.

4. Nilainya Sebanding dengan Seri Leica 0 tahun 1923

Leica 250 GG Reporter dengan motor listrik sangat langka di kalangan kolektor, hal itu membuat kamera ini terbilang sangat spesial. Karena itu, nilainya sebanding dengan seri Leica 0 asli dari tahun 1923.

5. Model GG yang Dibuat Selama Perang Dunia II


Kamera Leica 250 GG Reporter diyakini sebagai salah satu kamera model GG yang pernah dibuat oleh Leica selama Perang dunia II.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2482 seconds (0.1#10.140)