Bukan WhatsApp, Ini Aplikasi Terbanyak Kumpulkan Data Pribadi Anda!

Jum'at, 15 Januari 2021 - 15:33 WIB
Sebelum menjawab pertanyaan itu, ada pertanyaan lain yang tidak kalah menarik. Jenis data apa sih yang bisa dikumpulkan, ditarik, dan disimpan oleh sosial media?

Jawabannya, ternyata mengejutkan. Mary Atamaniuk dari Clario mengatakan, aplikasi over the top (OTT) itu tidak hanya menyimpan nama, tanggal lahir, dan alamat email. Melainkan sampai ke hal-hal yang sangat detil seperti hewan peliharaan, hobi, tinggi badan, berat badan, dan bahkan apa yang Anda lakukan sebelum tidur.

”Mereka juga bisa menyimpan informasi bank Anda, tautan ke media sosial, serta konten yang Anda bagikan. Jenis data yang dikumpulan sangat berbeda, tergantung jenis bisnis dari aplikasi itu,” kata Mary.



Nah, pada Oktober 2020 silam Clario meriset aplikasi mana saja yang menyimpan data paling banyak dari pengguna mereka. Hasilnya cukup mengejutkan. Facebook dan Instagram ada di urutan pertama dan kedua. Sedangkan WhatsApp ada di urusan terbawah. Tepatnya di urutan 45, hanya berbeda dua tingkat dari situs dewasa Pornhub.



Data dari Clario, perusahaan yang berfokus terhadap keamanan data digital personal itu, menegaskan bahwa aplikasi sosial media seperti Facebook dan Instagram jauh lebih tahu dan jauh lebih banyak merekam informasi pribadi atau data pribadi pengguna dibandingkan aplikasi WhatsApp.

Artinya jika memang terganggu jika data pribadi kita diambil atau direkam oleh perusahaan OTT, selain menyingkirkan WhatsApp pengguna lebih baik juga tidak memakai sosial media seperti Facebook, Instagram, Strava, hingga Spotify. Karena terbukti aplikasi tersebut jauh lebih banyak mengambil data pribadi dibanding WhatsApp.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More