XL Smart Hydroponics, Cara XL Axiata Mendongkrak Panen Urban Farming

Rabu, 11 November 2020 - 23:17 WIB
Fungsi utama dari XL Smart Hydroponics adalah pemantauan kondisi udara, air, dan pengontrolan nutrisi air secara otomatis. Kondisi udara di sekitar tanaman akan di monitor untuk menjaga kondisi ideal bagi tanaman. Tangki air yang berisi nutrisi dipasang beberapa sensor yang akan mengukur berbagai parameter terkait.

Lalu data-data ini akan diolah dalam sistem dan pompa sebagai aktuator yang akan menginjeksi nutrisi secara otomatis sesuai kebutuhan tanaman. Pengembangan machine learning, sensor, dan aktuator lainnya dapat menambah keunggulan serta mempertajam hasil analisis dan prediksi.

XL Axiata sendiri memiliki laboratorium pengembangan solusi berbasis IoT bernama “X-Camp” yang bertujuan mempermudah pelaku usaha, termasuk kalangan UMKM. Di tempat ini kebutuhan para klien sebagai pengguna akan dituangkan menjadi suatu perangkat berbasis IoT yang bisa dioperasikan sesuai yang diharapkan.

Setiap perangkat IoT dibangun di atas platform “flexIoT” milik XL Axiata. Platform ini merupakan unified full-stack platform yang dapat diintegrasikan dengan mudah bersama sistem lain dan memberikan keutuhan dalam layanan.

XL Axiata memperkuat komitmen untuk selalu mendukung pembangunan nasional melalui bidang telematika, termasuk dengan mendorong pemanfaatan layanan-layanan inovatif. Salah satunya IoT untuk memajukan dunia usaha seperti di kalangan UMKM.

Menginjak usia yang ke-24 tahun, XL Axiata menyadari sepenuhnya atas urgensi bidang telematika yang digeluti sebagai salah satu penopang utama percepatan pembangunan nasional. Karena itu, manajemen XL Axiata akan terus selalu menyelaraskan kepentingan usaha dengan dukungan kepada visi pembangunan yang dijalankan pemerintah. (Baca juga: Prihatin Kondisi Bangsa, Seniman Ini Jalan Kaki Surabaya - Jakarta )
(iqb)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More