Mengenal Pager, Alat Komunikasi yang Dipakai Israel Membunuh Militan Hizbullah

Rabu, 18 September 2024 - 07:22 WIB

Cara kerja pager



Ketika seseorang ingin mengirim pesan ke pengguna pager, mereka akan menghubungi pusat beeper dan memberikan pesan ke operator. Pesan tersebut kemudian akan dikirim melalui frekuensi radio yang unik untuk perangkat pengguna. Setelah menerima pesan, pager akan mengeluarkan bunyi bip keras atau bergetar.

Pesan tersebut biasanya termasuk nomor telepon yang harus dihubungi pengguna, dan kadang-kadang pesan yang lebih pendek. Pengguna harus mencari telepon umum atau telepon rumah untuk melakukan panggilan. Meskipun perangkat tidak memungkinkan komunikasi dua arah, cukup untuk menyampaikan pesan mendesak dengan relatif segera pada saat itu.

Penurunan penggunaan pager



Pada tahun 1990-an, seiring dengan semakin luasnya ketersediaan ponsel, penggunaan pager dengan cepat menurun. Ponsel menawarkan opsi komunikasi yang lebih luas, dengan kemampuan melakukan panggilan dari mana saja, mengirim pesan teks, dan menawarkan layanan tambahan. Seiring dengan semakin mudahnya akses ponsel, pager kehilangan tempatnya sebagai alat komunikasi utama bagi para profesional dan institusi.

Di Israel, Pelephone, yang mulai beroperasi pada akhir 1980-an, memimpin revolusi ponsel, dan para profesional yang sebelumnya mengandalkan beeper dengan cepat beralih ke ponsel. Pada akhir 1990-an, penggunaan beeper hampir menghilang dari ruang publik di Israel.

Meskipun penurunan tajam dalam penggunaan beeper di kalangan masyarakat umum, perangkat tetap digunakan di beberapa bidang tertentu, meskipun pada skala yang jauh lebih kecil. Salah satu bidang tersebut adalah perawatan kesehatan. Dokter dan staf medis, terutama di ruang gawat darurat, masih menggunakan beeper karena keandalannya di lokasi di mana ponsel tidak selalu berfungsi, seperti ruang bawah tanah dan ruang tertutup.



Selain itu, beberapa sistem darurat dan keamanan terus menggunakan beeper sebagai cadangan untuk sistem komunikasi yang lebih canggih karena kesederhanaan dan keandalan perangkat. Bahkan hingga kini, di era teknologi canggih, beeper terus memainkan peran yang terbatas namun penting di sektor-sektor tertentu.

Sehubungan dengan serangan siber melalui pager terhadap para pejuangnya, Hizbullah mengancam akan membalas dendam kepada Israel. Kementerian Kesehatan Lebanon menyatakan jumlah korban tewas meningkat dari delapan menjadi sembilan pada Selasa malam, sementara jumlah yang terluka tetap pada 2.750.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More