5 Robot Militer Tercanggih di Dunia, Ada PackBot hingga Tank Otonom

Sabtu, 07 September 2024 - 17:05 WIB

2. DOGO, anjing penjaga taktis



Zona perang bukanlah satu-satunya tempat robot militer beroperasi. Pasukan anti-teror dan operasi khusus juga dapat menggunakan bantuan robot, seperti DOGO, yang dikembangkan oleh General Robotics.

DOGO memiliki semua perangkat yang dibutuhkan dalam situasi jarak dekat, dari kesadaran situasional hingga media untuk negosiasi jarak jauh dengan musuh, hingga keterlibatan mematikan.

DOGO dilengkapi dengan pistol kaliber kecil, termasuk Glock 26 atau Sig Sauer P320SC. Dengan ketukan sederhana pada layar sentuh remote control, DOGO dapat menembak hingga lima peluru dalam waktu sekitar dua detik, mengenai target hingga 18 kaki jauhnya. Kehadiran pistol juga dapat digantikan dengan lampu berkedip untuk mengecoh musuh atau peluncur semprotan merica.



3. Throwbot, mata-mata kecil



Robot mata-mata Throwbot dikembangkan oleh Recon Robotics. Versi terbaru, Throwbot 2, berukuran mini hanya 4,5 inci tinggi, dan beratnya satu pon. Robot ini dilengkapi sepasang roda tebal, yang dapat merayap dengan senyap melewati rintangan dan medan berat, sehingga mampu menyelinap ke hampir semua tempat. Spesifikasinya juga dilengkapi kamera serta audio mumpuni.

Throwbot 2 mampu bertahan meski terlempar dari jarak hingga 120 kaki, serta menahan jatuh berulang dari ketinggian hingga 30 kaki. Hal ini memungkinkan operator untuk melemparkannya keluar dari jarak pendek dari posisi mereka serta ke atap.

4. MAARS, UGV modular



Modular Advanced Armed Robotic System atau MAARS tidak seperti kebanyakan robot. Kendaraan darat tak berawak all-in-one ini dirancang dengan desain modular untuk membantu prajurit di medan perang.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More