Huawei Pura 70 Bikin Bos Apple Sakit Kepala di China

Sabtu, 20 April 2024 - 22:07 WIB
Yang terpenting, ponsel baru ini memberi Huawei peluang baru untuk mengambil porsi lebih besar dari pangsa pasar smartphone Apple di China. Huawei telah memenangkan hati beberapa konsumen sejak meluncurkan seri Mate 60 Pro tahun lalu.

Mate 60 menimbulkan beberapa kekhawatiran di AS tahun lalu karena chip canggih Kirin buatan Huawei. Washington berusaha mencegah China memperoleh teknologi chip dengan memberlakukan kontrol ekspor yang ketat.

Chip-chip tersebut, yang dibuat di dalam negeri, membantu Huawei membuat terobosan besar di Tiongkok dengan memungkinkan fitur-fitur yang menyaingi iPhone. Chip-chip itu sekarang diyakini ada di perangkat Pura 70 baru juga, menurut Reuters.



Counterpoint memperkirakan lonjakan 64% dalam penjualan smartphone untuk Huawei dalam enam minggu pertama tahun ini. Pura 70 dapat melanjutkan momentum itu. Ivan Lam, analis senior di Counterpoint, mengatakan kepada Reuters bahwa Huawei hampir dapat menggandakan pengiriman ponsel tahun ini menjadi 60 juta unit.

Tentu saja ini bukan hal yang ingin didengar Apple.

China telah menjadi pasar internasional terpentingnya selama beberapa tahun terakhir bagi Apple. Tetapi itu terancam oleh kebangkitan saingan domestik yang dapat memikat konsumen China dengan perangkat yang terlihat dan terasa hampir identik dengan iPhone.

Apple telah menunjukkan kelemahan dalam menghadapi persaingan domestik di China. Penjualan bersih di wilayah China Daratan adalah USD20,8 miliar dalam tiga bulan terakhir tahun lalu, turun dari USD23,9 miliar pada periode yang sama tahun 2022.



Analis Wedbush menulis minggu lalu bahwa Apple "harus menghadapi permintaan China yang lebih sulit dibandingkan lima tahun terakhir." Mereka memperkirakan penurunan lain dalam penjualan iPhone di wilayah tersebut dalam laporan pendapatan kuartalan Apple pada 2 Mei.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More