Gempa Taiwan Melumpuhkan Produsen Chip Terbesar Dunia, Apa Dampaknya?

Selasa, 09 April 2024 - 12:31 WIB
Pada dasarnya, setiap level komputasi memiliki ketergantungan pada TSMC, baik perangkat iPhone, kartu grafis, dan lainnya.

Dominasi Teknologi dan Pasar

Karena pengaruhnya yang sangat besar, penutupan lini produksi TSMC, bahkan untuk waktu singkat, dapat memiliki efek signifikan pada rantai pasokan.

Untungnya, penghentian ini diperkirakan hanya sementara dengan aktivitas beroperasi kembali dalam beberapa hari mendatang.

Saat ini, produksi chip TSMC sudah menyumbang lebih dari 50% dari pendapatan seluruh industri. Pencapaian dominasi pasar ini diraih karena skala operasi dan inovasi teknologi mereka, termasuk produksi massal chip 3nm – tercanggih di dunia.

Perusahaan Manufaktur Chip

Berikut adalah beberapa perusahaan besar selain TSMC, baik yang mendesain maupun memproduksi chip:

1. Intel Corporation

Kapitalisasi Pasar: USD173 miliar

Meskipun tidak sebesar TSMC dalam hal manufaktur chip, Intel tetap menjadi pemain penting dalam industri ini. Seperti TSMC, Intel termasuk salah satu dari sedikit perusahaan di dunia yang tidak hanya mendesain tetapi juga memproduksi chip-nya sendiri.

2. Texas Instruments Incorporated

Kapitalisasi Pasar: USD154 miliar

Texas Instruments (TI) sudah berpengalaman di dunia manufaktur semikonduktor. Berbeda dengan perusahaan yang berfokus pada semikonduktor digital, penekanan TI pada teknologi analog (penghubung dunia nyata dengan sistem digital) memperkuat perannya.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More