Manusia Pertama dengan Chip Otak Neuralink Berhasil Kendalikan Komputer

Jum'at, 22 Maret 2024 - 06:13 WIB
loading...
Manusia Pertama dengan Chip Otak Neuralink Berhasil Kendalikan Komputer
Elon Musk dan Noland Arbaugh. FOTO/ UNILAD
A A A
TEXAS - Manusia pertama dengan Chip Otak Neuralink mendemonstrasikan pengendalian komputer dengan pikirannya



Seperti dilansir dari Unilad, Kamis (21/3/2024), pasien pertama Neuralink, Noland Arbaugh, menunjukkan kemampuannya mengendalikan komputer hanya dengan pikirannya.

Siaran langsung selama sembilan menit di YouTube: URL youtube neuralink demo menunjukkan Arbaugh menggunakan perangkat Neuralink untuk bermain catur online.

Arbaugh, 29 tahun, yang mengalami kelumpuhan di bagian bawah bahunya akibat kecelakaan menyelam, menerima implan chip Neuralink dalam operasi pada bulan Januari.

Dalam presentasi selama sembilan menit, Arbaugh mengatakan bahwa prosedur pemasangan chip "sangat mudah".

Selain bermain catur "dengan pikirannya", dia juga mampu memainkan game strategi besar Civilization VI selama delapan jam.

Namun, dia mengklarifikasi bahwa teknologi baru ini belum sempurna dan "mengalami beberapa masalah" yang sedang diselidiki oleh tim Neuralink.

Neuralink, perusahaan teknologi milik Elon Musk, berfokus pada penelitian cara menghubungkan otak manusia ke komputer.

Diharapkan teknologi ini dapat membantu orang-orang yang menderita masalah tulang belakang atau neurologis parah untuk mengatasi berbagai rintangan dalam hidup mereka.

Perangkat Neuralink seukuran koin dan bekerja dengan menangkap sinyal listrik yang dihasilkan otak saat kita melakukan sesuatu, baik itu menggerakkan tubuh, berbicara, atau bahkan berpikir.

Demonstrasi Arbaugh menandakan langkah maju yang signifikan dalam pengembangan teknologi Neuralink dan membuka kemungkinan baru yang menarik untuk masa depan interaksi manusia-komputer.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)