Gempa Taiwan Melumpuhkan Produsen Chip Terbesar Dunia, Apa Dampaknya?

Selasa, 09 April 2024 - 12:31 WIB
TSMC diyakini telah menghentikan berbagai lini manufaktur dan konstruksi di lokasi pabrik baru karena diperlukan inspeksi menyeluruh pasca gempa. Foto: ist
JAKARTA - Dampak gempa berkekuatan magnitudo 7,5 yang mengguncang Taiwan pada Rabu, 3 April 2024, pagi ternyata sangat masif. Tidak hanya menelan korban jiwa dan kerusakan material signifikan, gempa tersebut juga membuat sejumlah pabrikan semikonduktor menghentikan chip mereka sementara.

Gempa Taiwan ini jadi yang terkuat dalam 25 tahun terakhir di pulau tersebut. Begitu masifnya, hingga memicu peringatan tsunami diikuti puluhan gempa susulan. Bencana tersebut memakan banyak korban hingga menyebabkan ratusan orang terluka dan setidaknya 9 orang tewas.

Dampak gempa bahkan meluas ke berbagai industri penting dalam ekonomi Taiwan, terutama manufaktur chip.

Penghentian Pabrik

Meski secara geografis Taiwan tidak luas, namun negara itu menjadi rumah bagi banyak produsen chip yang berperan penting secara global. Termasuk yang terbesar dan paling populer: Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC).

TSMC diyakini telah menghentikan berbagai lini manufaktur dan konstruksi di lokasi pabrik baru karena diperlukan inspeksi menyeluruh pasca gempa. Untuk saat ini, belum jelas apakah akan ada gangguan pada rantai pasokan ke konsumen utama perusahaan. Beberapa konsumen utama TSMC termasuk:



1. Apple

2. NVIDIA

3. Qualcomm

4. AMD
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More