Deretan Handphone dan Tablet Terbaru yang Lahir di IFA 2019

Senin, 09 September 2019 - 11:54 WIB
Deretan Handphone dan Tablet Terbaru yang Lahir di IFA 2019
Deretan Handphone dan Tablet Terbaru yang Lahir di IFA 2019
A A A
BERLIN - Awal bulan September adalah momen favorit bagi para pembuat dan peninjau smartphone. Sebab di saat itu banyak pabrikan meluncurkan handphone, tablet, dan produk teknologi baru lainnya dalam pameran dagang IFA di Berlin, Jerman.

Nah untuk tahun ini, sejumlah pabrikan sudah menggelar konferensi pers guna memamerkan smartphone berteknologi barunya. Siapa dan apa saja perangkatnya? Berikut ringkasannya yang SINDOnews sadur dari laman GSM Arena:

Sony
Sony Xperia 5 mengungkapkan menandai kembalinya seri Compact. Unggulan mungil ini memiliki fitur yang hampir sama dengan Xperia 1 yang lebih besar -handphone memiliki tiga kamera yang sama dengan Eye AF, chipset Snapdragon 855 yang sama, speaker stereo, anti-air, slot kartu microSD.

Hanya dua hal yang berubah, layarnya sekarang 6,1 inci OLED dengan resolusi 1080p + (bukan layar 6,5 inci 6K) dan baterai lebih kecil yakni 3.140 mAh dari sebelumnya 3.330 mAh. Tetapi unit tetap mendukung pengisian daya 18W dengan cepat.

Smartphone ini sempurna untuk dioperasikan satu tangan. Handset lebih "sempit" daripada Galaxy S10e dan iPhone XS, tapi layarnya memiliki area permukaan yang lebih luas dan mengemas satu kamera lagi di punggungnya. Berbicara tentang kamera, perangkat kerasnya mungkin sama, tapi Sony meningkatkan perangkat lunaknya.

Sony Xperia 5 akan mulai pre-order minggu depan. Pengirimannya sendiri dijadwalkan untuk bulan Oktober.

Nokia
Jadwal HMD lebih sibuk daripada kebanyakan pabrikan karena mengumumkan lima ponsel baru, dimulai dengan dua handset Android One. Nokia 7.2 adalah pemimpin paket dengan sensor 48 MP di bodi belakang. Ini adalah yang pertama untuk ponsel Nokia (jika X71 yang khusus dipasarkan di China tidak ikut dihitung).

Ponsel ini juga mengemas cam ultra wide-angle 8MP (118 derajat) dan sensor kedalaman yang memungkinkan efek bokeh bermerek ZEISS.

Nokia 6.2 adalah ponsel layar LCD 6,3 inci dengan resolusi 1080p +, sasis komposit yang sama, baterai 3.500 mAh. Artinya sama dengan Nokia 7.2, kecuali sisi kamera belakang yang turun ke sensor 16 MP. Lalu kamera selfie juga berubah dari 20 MP ke 8 MP.

Selain departemen kamera, perbedaan utama lainnya dengan Nokia 7.2 adalah pilihan chipset. Masing-masing membawa Snapdragon 660 dan 636. Mereka bisa dikatakan chipset sama, hanya versi 660 berjalan pada kecepatan clock yang lebih tinggi.

HMD juga mendukung portofolio KaiOS-nya. Nokia 800 Tough adalah ponsel tangguh dengan sertifikasi IP68 dan MIL-STD-810G dengan daya tahan baterai cukup lama, yakni 2.100 mAh dan waktu siaga lebih dari 40 hari. Ada pula Nokia 3310 dan kali ini hadir sebagai perangkat modern dengan 4G, VoLTE dan penerima GPS built-in dan navigasi Google Maps.

Nokia 2720 Flip membawa kembali faktor bentuk clamshell dengan layar 1,3 inci di bagian luar, ditambah layar 2,8 inci, dan tombol sentuhan besar di dalamnya. Anda dapat mengobrol di WhatsApp dan Facebook, menelepon VoLTE dan VoWiFi, menggunakan Google Assistant dan sebagainya, itu semua bagian dari ekosistem.

Akhirnya, Nokia 110 (2019) menawarkan hiburan bagi mereka yang hanya memiliki anggaran terbatas karena harganya hanya di bawah Rp300.000. Meski demikian, pengguna mendapatkan slot kartu microSD dengan dukungan MP3 dan kamera dasar, ditambah beberapa game.

ASUS
ASUS ROG Phone II merupakan ponsel dengan kekuatan tertinggi. Ini adalah yang pertama dengan chipset Snapdragon 855+ (Plus) dan satu-satunya dengan layar HDR 10-bit 120Hz. Handphone akan tersedia mulai 20 September seharga Rp14 juta.

Menyediakan Ultimate Edition, ASUS ROG Phone II menggandakan penyimpanan menjadi 1TB, mempercepat koneksi LTE. Kemampuannya itu menaikkan harganya Rp18,6 juta.


Samsung

Diumumkan beberapa hari sebelum perhelatan, Samsung Galaxy A90 5G muncul di IFA juga. Ini adalah flagship pertama dari seri-A yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 855 dan merupakan ponsel pertama di luar seri Galaxy S dan Note yang menampilkan mode DeX.

Samsung juga secara resmi mengonfirmasi peluncuran Galaxy Fold. Plus merilis tablet tangguh terbarunya, Galaxy Tab Pro Active. Tablet memiliki fitur mode DeX dan S dan Pro Active ditujukan bagi profesional di lapangan, bersertifikasi IP68 dan MIL-STD-810G, dan menampilkan baterai yang dapat diganti pengguna.

Motorola
Motorola meluncurkan ponsel Android One terbaiknya yakni Motorola One Zoom. Ini didasarkan pada Moto Z4 (layar OLED 6,4 inci yang sama dan chipset Snapdragon 675), tapi kamera 48 MP di bodi belakang sekarang bekerja bersama kamera telefoto dengan 3x optical zoom, kamera ultra lebar, dan sensor kedalaman .

Motorola One Zoom juga tercatat sebagai ponsel kamera quad pertama Moto dan debut memiliki fitur kamera tele juga. Meskipun ada kebocoran awal tentang integrasi Amazon, unit yang diuji untuk tinjauan langsung kami menjalankan Android yang bersih.

Perusahaan juga meluncurkan ponsel entry-level baru, Motorola E6 Plus. Dibandingkan dengan Moto E6, handphone memiliki layar yang lebih besar, 6,1 inci vs 5,5 inci, tapi kapasitas baterainya tetap sama, 3.000 mAh.

Konsumen masih dapat berharap daya tahan baterai yang lebih baik karena versi Plus dilengkapi chipset Helio P22 12nm atau naik dari Snapdragon 435 28nm. Ruang penyimpanannya ikut digandakan dan menawarkan opsi RAM 4 GB.

Beralih ke bodi belakang, Motorola membawakan kamera 13 MP dengan sensor penginderaan mendalam.

Huawei

Acara IFA bagi Huawei hanyalah sebuah pembuka untuk apa yang akan datang. Perusahaan meluncurkan chipset Kirin 990 baru. Ini akan dibagi menjadi dua versi, yaitu 4G dan 5G.

Chip 5G dibangun pada proses 7nm + EUV yang lebih maju dan menjalankan CPU pada kecepatan clock yang lebih tinggi, plus memiliki inti NPU tambahan. Bukan rahasia lagi bahwa ini adalah chipset yang akan digunakan dalam flagship Huawei Mate 30 mendatang.

Namun perusahaan menghadapi masalah karena tidak mendapatkan lisensi Android. Huawei P30 dan P30 Pro aman, bahkan akan menerima EMUI 10 berdasarkan Android 10.

LG
LG meluncurkan versi G8 yang lebih besar, namanya G8X ThinQ. Unit memiliki layar 6,4 inci OLED dengan resolusi 1080p. Bandingkan dengan layar G8 6,1 inci 1440p dan layar 1080p 6,21 inci pada G8S.

Handphone juga membenamkan pembaca sidik jari di bawah layar dan takik yang menyusut. Ini patut diapresiasi karena sejatinya ada peningkatan resolusi kamera selfie, yakni 32 MP Quad Bayer.

Namun, fokus utama di sini adalah pada aksesori Dual Screen yang menambahkan panel OLED 6,4 inci kedua. LG membangun dinding yang mengesankan pada ponsel G8X ThinQ

TCL dan Alcatel
TCL akhirnya meluncurkan ponsel dengan nama merek sendiri. Perusahaan ini sebagian besar memproduksi smartphone di bawah merek Alcatel. Ini adalah mid-ranger solid dengan layar 6,43 inci dan chipset Snapdragon 675. Untuk dapur jeprat-jeptretnya, TCL menggunakan resolusi 48 MP untuk sensor utama dan 16 MP kamera ultra lebar.

Ada tiga perangkat baru bermerek Alcatel juga. Pertama, Alcatel 3x (2019) sebagai ponsel entry-level dengan layar 6,5 inci rasio layar 20: 9 (720p +) dengan tiga kamera di punggungnya.

Lalu ada Alcatel 1v (2019) yang menjalankan Android Go. Handset dijual murah, hanya Rp1,2 juta. Bukan hanya smartphone, TCL juga mengumumkan tablet Alcatel berlabel Smart Tab 7 yang ditujukan bagi anak-anak dan dilengkapi kickstand internal. Harganya juga hanya Rp1,2 juta.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9864 seconds (0.1#10.140)