Sharp, Pabrik Elektronik Pertama yang Kantongi Sertifikat Halal

Kamis, 03 Mei 2018 - 17:13 WIB
Sharp, Pabrik Elektronik Pertama yang Kantongi Sertifikat Halal
Sharp, Pabrik Elektronik Pertama yang Kantongi Sertifikat Halal
A A A
JAKARTA - Menguasai pasar lemari es nasional hingga 26,6% tak membuat PT Sharp Electronics Indonesia berpuas diri. Mereka terus menyusun strategi dalam memasarkan produknya.

Terlebih tantangan pasar yang makin kuat mengingat pasar lemari es terus mengalami penurunan. Keseriusan Sharp dalam memenuhi kebutuhan konsumen Tanah Air, dibuktikan dengan kejelian melihat karakteristik dan tanggap menganalisa keinginan konsumen.

Mengedepankan kepentingan konsumen, PT Sharp Electronics Indonesia pun mendaftarkan sertifikasi halal kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) guna menjamin mutu dan kualitas produk lemari esnya. Tahun ini Sharp sukses mengantongi sertifikasi halal internasional (Cerol-SS23000) dengan status A yang dikeluarkan oleh MUI, khususnya kategori produk lemari es dan freezer yang diproduksi di dalam negeri.
Sharp, Pabrik Elektronik Pertama yang Kantongi Sertifikat Halal

Hal ini turut menguatkan posisi Sharp Indonesia sebagai produsen elektronik pertama yang memiliki sertifikat halal. “Menyambut Bulan Suci Ramadan, Sharp mengumumkan bahwa lemari esnya sudah memiliki sertifikasi halal, kami tergerak untuk bisa memberikan rasa aman dan nyaman dalam menggunakan produk kami," kata Andri Adi Utomo, Domestic National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Dikatakannya, hal ini merupakan salah satu bentuk perhatian perusahaan kepada konsumen setianya. Lemari es menjadi produk pertama SHARP yang memiliki sertifikasi halal, ini dikarenakan karena lemari es merupakan salah satu produk elektronik yang bersentuhan langsung dengan makanan & minuman yang dikonsumsi,” tutur Andri Adi Utomo.

Sertifikat halal yang diperoleh Sharp Indonesia merupakan hasil pemeriksaan dokumen dan audit implementasi yang diselenggarakan oleh Sistem Jaminan Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika–Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI). Sertifikat ini diperoleh pada 28 Maret 2018 usai menjalani serangkaian proses penilaian yang meliputi material, proses, hingga fasilitas produksi lemari es.

Dalam penilaian tersebut, MUI mengkajinya melalui dua sisi yaitu secara sains melalui LPPOM-MUI dan secara agama oleh kumpulan ulama di Komisi Fatwa MUI. Pada proses ini, LPPOM-MUI mengecek fakta kandungan produk dan menelaah dari sains dan teknologinya serta menjadi saksi bagi proses produksi secara menyeluruh dan penerapan Sertifikasi Jaminan Halal (SJH) di perusahaan. Hasil temuan tersebut kemudian dibawa kepada Komisi Fatwa MUI untuk menjelaskan status kehalalan produk tersebut.

Produk yang dinyatakan bersertifikasi halal berarti telah memenuhi dua syarat utama. Masing-masing, memenuhi kebijakan dan prosedur sertifikasi halal, serta memenuhi dan menerapkan sebelas kriteria Sertifikasi Jaminan Halal (SJH). Usai melewati keseluruhan proses sertfikasi, kategori produk yang dinyatakan halal ialah lemari es lokal dan freezer Sharp.

Dari sertifikat halal, Sharp juga memanfaatkan momentum ini untuk memperkenalkan kepemimpinan terbaru di bawah Tadashi Ohyama yang kini menjabat sebagai President Director PT Sharp Electronics Indonesia. Kehadiran Tadashi Ohyama akan membawa napas dan semangat baru bagi keluarga Sharp Indonesia dalam menghadapi era digital dan sengitnya persaingan antar produsen elektronik.

Kiprah Tadashi Ohyama bersama SHARP Corporation telah berlangsung lama sejak tahun 1992. Dalam 26 tahun terakhir, Tadashi Ohyama telah berkecimpung di berbagai departemen di SHARP Corporation. Setelah mengawali karirnya di bagian sales, Tadashi Ohyama juga sempat memfokuskan diri untuk kategori produk LCD TV sejak 2004 hingga 2016, khususnya untuk ASEAN dan China.

“Sungguh sebuah keistimewaan bagi saya untuk bisa datang kembali ke Indonesia setelah 29 tahun lamanya. Pengalaman pertama saya di negara ini pada tahun 1989 hanya berupa kunjungan dan kini saya akan menetap lebih lama lagi untuk berkontribusi dengan keluarga Sharp Indonesia," ucapnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8519 seconds (0.1#10.140)