Pendiri Mundur dari Posisi CEO, Ini Akhir dari Layanan Tumblr?

Selasa, 28 November 2017 - 18:30 WIB
Pendiri Mundur dari Posisi CEO, Ini Akhir dari Layanan Tumblr?
Pendiri Mundur dari Posisi CEO, Ini Akhir dari Layanan Tumblr?
A A A
JAKARTA - David Karp, pendiri Tumblr, memutuskan mundur dari jabatan sebagai CEO setelah 11 tahun bekerja untuk kelangsungan layanan blogging tersebut. Kini Tumblr dalam kendali kepala operasi perusahaan, Jeff D'Onofrio.

Akibatnya banyak pihak yang meramalkan layanan pesaing Facebook dkk itu sudah memasuki masa suramnya. Karp sendiri tidak menjelaskan secara rinci alasannya untuk pergi, tapi dia mengatakan kepada timnya bahwa langkah itu terjadi setelah berbulan-bulan merefleksi diri tentang tujuan pribadinya. Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari manajeman Tumblr terkait alasan pengunduran diri pimpinan tertingginya itu.

Dilansir dari engadget, tidak juga dijelaskan apakah tindakan Verizon mengakuisis Yahoo, termasuk didalamnya Tumblr ikut memengaruhi keputusan tersebut. Mundurnya Karp bisa jadi masalah karena mereka tengah berjuang berkompetisi di jejaring sosial yang didominasi oleh Instagram, Snapchat, Facebook, dan Twitter.

Sementara Tumblr sendiri legendaris dengan animasi GIF dan blog tematiknya dan belakangan ini banyak bermain catch-up. Sedangkan fitur video langsungnya muncul pada 2016.

Layanan Tumblr layaknya WordPress tapi dengan format lebih sederhana. Aplikasi ini juga punya kemiripan dengan layanan jejaring sosial Twitter karena di dalamnya pengguna bisa saling mengikuti.

Fitur yang dipunyai Tumblr juga tak lepas dari nuansa Facebook, yakni pengguna bisa saling menyukai dan memposting konten teks, foto, audio, tautan serta video. Tapi dikarenakan di Tumblr pengguna mendapatkan ruang yang lebih leluasa untuk menuliskan buah pikiran, mengatur konten dan tampilannya, maka oleh banyak orang Tumblr lebih dikelompokkan ke dalam layanan blogging ketimbang jejaring sosial.

Lahirnya Tumblr
Dailysocial.id menyebutkan, Tumblr hadir tiga tahun setelah Facebook meluncur ke pasaran, tepatnya delapan tahun silam tepatnya pada bulan Februari 2007. Adalah David Karp yang pertama kali menggagas pembuatan Tumblr. Karp sudah sejak lama memiliki ketertarikan yang tinggi dengan dunia tumblelogs – versi pendek dari blog, dan berkeinginan membuat platformbloggingnya sendiri.

Pada 2006 akhirnya Karp dan Marco Arment mulai berupaya mengerjakan proyek Tumblr. Hanya butuh waktu dua minggu baginya untuk menjaring 75.000 pengguna. Kini, per 27 Januari 2016 Tumblr tercatat telah menampung sebanyak 276,3 juta blog dan menerbitkan tak kurang dari 128,3 miliar postingan. Per bulannya ada 555 juta pengunjung yang setia membaca dan berinteraksi di sana.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0980 seconds (0.1#10.140)