Manfaat Teknologi 5G bagi Aktivitas Masyarakat dan Industri

Rabu, 12 April 2017 - 23:34 WIB
Manfaat Teknologi 5G bagi Aktivitas Masyarakat dan Industri
Manfaat Teknologi 5G bagi Aktivitas Masyarakat dan Industri
A A A
JAKARTA - Teknologi 5G digadang-gadang banyak kalangan sebagai teknologi masa depan. Di mana penerapan teknologi ini jauh lebih baik dibanding pendahulunya, yakni 4G, 3G, 2G dan lainnya.

Bersamaan dengan uji coba teknologi 5G, PT XL Axiata Tbk (XL) mengungkapkan manfaat teknologi 5G bagi kehidupan sehari-hari. Teknologi ini dapat membuat berbagai aktivitas menjadi lebih efisien.

"Teknologi 5G bisa dimanfaatkan untuk Virtual Reality (VR), di mana pengguna dapat berinteraksi di lingkungan maya. Jadi, ketika orang belanja di e-commerce bisa melihat dulu barangnya melalui VR kira-kira seperti apa bentuknya," ujar Direktur Chief Service Management Officer XL, Yessie D Yosetya, di Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Selanjutnya, kata dia, teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk mobil otonom. Jadi mobil dapat beroperasi dengan aman melalui bantuan sensor. Ditambah lagi dapat dipadukan dengan Augmented Reality (AR) sistem navigasi yang dapat diimplementasikan di dalam mobil.

"Terlepas dari beberapa manfaat yang telah disebutkan, teknlogi ini juga bisa digunakan sektor industri, seperti industri manufaktur yang mulai memanfaatkan robot dengan mengadopsi internet cepat," jelasnya.

Selain itu, dengan kecepatan teknologi 5G interaksi dapat lebih cepat. Di mana interaksi pengguna akan semakin real time.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2134 seconds (0.1#10.140)