Axiata Group Berharap Merger dengan Smartfren Telecom Selesai Akhir 2024

Selasa, 11 Juni 2024 - 16:30 WIB
loading...
Axiata Group Berharap Merger dengan Smartfren Telecom Selesai Akhir 2024
Axiata Group menargetkan merger dengan Smartfren Telecom rampung sebelum 2025. Foto: XL Axiata
A A A
JAKARTA - Axiata Group Bhd berharap merger antara anak perusahaan mereka di Indonesia, PT XL Axiata Tbk, dan PT Smartfren Telecom Tbk, anak perusahaan PT Sinar Mas, dapat selesai pada akhir tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh CEO Axiata Group Vivek Sood. Ia menyatakan optimisme berdasarkan pengalaman sebelumnya. Meskipun proses merger biasanya membutuhkan waktu bagi kedua belah pihak untuk “saling mengenal”.

Saat ini, kedua perusahaan sedang dalam tahap due diligence dan persiapan struktur organisasi.

Vivek mengungkapkan bahwa mereka hampir mencapai kesepakatan akhir dan detail lebih lanjut akan segera diumumkan.

Axiata sendiri terus melakukan transformasi struktural di Indonesia dengan mempercepat XL Axiata menjadi perusahaan layanan terkonvergensi (ServeCo) dan Link Net menjadi perusahaan khusus jaringan fiber optik (FibreCo). Mereka juga memanfaatkan sinergi antara kedua operasi tersebut.

Belum lama, Axiata juga telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Sinar Mas untuk menjajaki penggabungan XL Axiata dan Smartfren Telecom, membentuk entitas baru bernama MergeCo.

XL Axiata merupakan aset terbesar Axiata di Indonesia dan merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar ketiga di Indonesia dengan 58 juta pelanggan.

Merger yang diusulkan diharapkan dapat menciptakan penyedia layanan telekomunikasi lebih kuat di Indonesia dengan menggabungkan skala, kompetensi, keuangan, dan keahlian telekomunikasi Axiata dengan skala lokal dan pengetahuan pasar Sinar Mas.

Sementara itu, Axiata sendiri akan berfokus pada penguatan portofolio, membuka nilai, dan memanfaatkan peluang baru untuk mencapai keseimbangan antara pertumbuhan bisnis berkelanjutan dan profitabilitas, dengan tujuan memberikan dividen berkelanjutan kepada pemegang saham.

Axiata telah menerapkan strateginya dengan serangkaian latihan perusahaan pada tahun keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2023 (FY2023) dan berlanjut hingga FY2024.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6961 seconds (0.1#10.140)
pixels