Konsumsi Berita Naik 307%, UCNews Perkuat Konten Lokal

Rabu, 15 Maret 2017 - 23:12 WIB
Konsumsi Berita Naik 307%, UCNews Perkuat Konten Lokal
Konsumsi Berita Naik 307%, UCNews Perkuat Konten Lokal
A A A
JAKARTA - Konsumsi konten digital di Indonesia pada 2017 diprediksi meningkat, seiring dengan besarnya konsumsi jejaring sosial dan kenaikan jumlah pengguna smartphone. Hal ini menstimulasi konsumsi konten digital, serta membangkitkan talenta-talenta pencipta konten di seluruh penjuru Tanah Air.

Laporan UC News (platform berita dari UCWeb) tentang tren dan konsumsi konten digital di Indonesia pada akhir 2016, menyebutkan adanya kenaikan signifikan pada konsumsi konten berita di paruh akhir 2016. Kenaikannya mencapai 307% pada kuartal IV dibandingkan kuartal sebelumnya.

Durasi membaca juga meningkat sebesar 206% pada periode yang sama. Selain itu, lebih dari 50% penggguna internet telah menggunakan media sosial sebagai sumber utama untuk mendapatkan berita.

“Kami selalu memposisikan diri kami sebagai perusahaan yang berfokus pada teknologi dan produk, serta mendedikasikan diri kami untuk terus menambah konten lokal di setiap negara,” ujar Presiden Bisnis Luar Negeri UCWeb, Alibaba Mobile Business Group, Jack Huang dalam siaran persnya, Rabu (15/3/2017).

“Untuk memenuhi permintaan ini, UCNews telah mengubah visi perusahaan dan berfokus kepada penciptaan serta pendistribusian konten, automisasi, konsumsi dan monetisasi. Kami juga akan bermitra dengan beberapa media terpercaya di Indonesia, untuk menyediakan konten yang lebih akurat, serta merangkul penerbit konten independen untuk menciptakan konten yang unik dan menarik di Indonesia,” lanjutnya.

Pendiri UCWeb dan Presiden Alibaba Mobile Business Group, Xiaopeng He mengatakan, memandang balik industri ini, kita masih ingat bagaimana Yellow Pages bekerja. Di mana pengguna akan membuka halaman indeks untuk menemukan judul dari informasi yang mereka inginkan secara manual.

"Namun, ke depan kita sudah punya mesin pencari (search engine). Di mana pengguna akan mengetik hal yang ingin mereka ketahui dan mesin ini akan melakukan pengecekan kepada seluruh data dan informasi yang dibutuhkan," terangnya.

"Saat ini, kita memasuki era di mana mesin dapat mempelajari jenis informasi yang Anda butuhkan dan Anda sukai, dan konten ini akan didistribusikan secara otomatis kepada Anda. Bisnis kami akan mengarah ke pendekatan seperti ini,” tandas Xiaopeng.

Diketahui, pendiri UCWeb dan Presiden Alibaba Mobile Business Group Xiaopeng He, didampingi Presiden Bisnis Luar Negeri UCWeb Jack Huang mengunjungi Jakarta, bertemu dengan investor serta pencipta konten untuk memperkuat fokus perusahaan di bidang agregasi dan distribusi konten digital di Indonesia.

Pada Januari lalu, perusahaan juga telah mengumumkan investasi sebesar Rp400 miliar selama dua tahun ke depan di Indonesia dan India. Dana ini untuk mengembangkan konten yang diciptakan oleh pelanggan (user generated) dengan potensi yang sangat besar di Indonesia, melalui platform distribusi berita dan konten miliknya, UC News.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4395 seconds (0.1#10.140)