Ini Alasan XL Menjual Tower ke Protelindo

Kamis, 30 Juni 2016 - 11:24 WIB
Ini Alasan XL Menjual Tower ke Protelindo
Ini Alasan XL Menjual Tower ke Protelindo
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL) mengumumkan perampungan penjualan 2.500 tower terhadap Protelindo. Dengan menjual tower yang dimiliki, tercatat XL mampu mengantongi dana segar sebesar Rp 3,5 triliun dari hasil transaksi yang dilakukan keduanya.

Lalu apa sebenarnya yang menjadi alasan XL menjual aset yang mereka miliki. Dalam hal ini Presiden Direktur XL, Dian Siswarini mengemukakan pendapatnya.

"Penjualan tower kepada Protelindo dilakukan guna memperbaiki balancing kami. Sebab pada dasarnya bisnis utama kami bukanlah pengelolaan tower," ujar Dian, di Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Dirinya menambahkan, setelah melakukan riset ternyata lebih menguntungkan kalau melakukan sewa tower dari pada harus melakukan perawatan. Jadi melakukan penjualan tower sudah menjadi solusi terbaik.

Selanjutnya Dian mengatakan, penjualan menara kepada Protelindo merupakan kelanjutan strategi penggunaan aset perusahaan dan memberikan XL tambahan fleksibilitas untuk memaksimalkan posisi kompetitif XL guna mendukung strategi perusahaan. Selebihnya XL akan menggunakan dana hasil penjualan untuk mengoptimalkan neraca keuangan.

Dalam hal ini XL dan Protelindo juga telah menandatangani perjanjian induk sewa menara dimana XL telah setuju untuk menyewa kembali 2.433 menara dari Protelindo dalam jangka waktu 10 tahun.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0817 seconds (0.1#10.140)