Tips Belanja Online Aman Jelang Musim Liburan Akhir Tahun

Rabu, 14 Desember 2022 - 21:12 WIB
loading...
Tips Belanja Online Aman Jelang Musim Liburan Akhir Tahun
Banyak penyerang memanfaatkan celah kecerobohan konsumen dalam berbelanja online di akhir tahun. Foto: dok Kaspersky
A A A
JAKARTA - Jelang akhir tahun, kegiatan belanja online konsumen meningkat drastis. Tapi, hal tersebut juga jadi sasaran para penipu online, phisher, dan carder.

Mereka tidak hanya memanfaatkan konsumen yang ceroboh dan mengincar diskon/potongan harga besar, tapi juga mencari celah untuk menargetkan akun pengguna di layanan e-commerce.

Tujuannya, untuk mendapatkan akses ke kartu pembayaran yang ditautkan ke akun konsumen. Nah, berikut tips yang membantu melindungi data dan uang Anda saat berbelanja online dilansir dari web Kaspersky:

1. Gunakan kata sandi yang kuat
Semakin panjang kombinasi Anda, semakin kecil kemungkinan penjahat dunia maya untuk mengambilnya. Gunakan setidaknya 10 karakter, bahkan untuk akun yang tidak begitu penting sekalipun.

Hindari pula kebiasaan menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa situs. Setelah mengambil kredensial untuk satu akun, penjahat dunia maya tidak mungkin berhenti

2. Gunakan VPN saat terhubung ke jaringan publik
Koneksi aman VPN mengenkripsi semua lalu lintas informasi, sehingga dapat mencegah penyerang menyadap kredensial masuk dan detail pembayaran.

3. Hindari menautkan kartu bank (debit maupun kredit) ke akun belanja online
Penyerang suka mencuri akun yang jarang digunakan. Ada baiknya menautkan kartu bank hanya ke toko online yang sering dikunjungi, dan pastikan akun tidak dibajak dan tidak ada transaksi mencurigakan yang muncul di riwayat pembelian.

4. Bayar dengan layanan pembayaran
Layanan pembayaran, seperti Google Play atau PayPal, menyimpan data Anda dalam bentuk terenkripsi di server yang aman.

Karena data kartu Anda tidak terlihat vendor, proses keuangan jadi lebih aman dari oknum penjual tidak bertanggung jawab, kebocoran data dari situs, dan penyadapan data selama transmisi melalui internet.



5. Miliki kartu terpisah untuk belanja online
Miliki kartu terpisah untuk pembelian online. Simpan dana minimal. Yang terbaik adalah mengisi ulang kartu segera sebelum melakukan pembelian dan hanya dengan jumlah yang ingin Anda belanjakan.

6. Lacak riwayat pembayaran Anda
Siapkan notifikasi transaksi, dan periksa riwayat pembayaran secara berkala. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan, segera hubungibankterkait.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)