Tips Belanja Online Nyaman dan Aman Selama Hari Raya Idul Fitri 2024

Rabu, 10 April 2024 - 21:10 WIB
loading...
Tips Belanja Online Nyaman dan Aman Selama Hari Raya Idul Fitri 2024
Berbelanja online yang nyaman dan aman selama hari Raya Idul Fitri 2024 penting untuk diketahui. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kemeriahan Hari Raya Idul Fitri tidak hanya dirasakan dari tradisi mudik saja, namun juga dari tradisi belanja menyambut hari raya. Faktanya, puncak konsumsi diperkirakan akan terjadi pada kuartal II-2024 karena momentum perayaan Hari Raya.

Mengingat tradisi belanja kini telah beralih secara online, banyak sekali kemudahan yang ditawarkan pengguna. Mulai metode pembayaran, hadirnya banyak toko online, dan penawaran digital menarik lainnya.

Namun, kenyamanan tersebut masih menyembunyikan kerentanan yang signifikan. Misalnya, jebakan penjahat siber dapat ditemukan melalui pesan phishing dari platform manapun, mulai tautan online mencurigakan yang mungkin Anda klik atau lampiran tak terduga yang berisi malware, kode QR palsu, hingga penipuan akun toko online.

Bahkan, pada 2023 saja, teknologi anti-phishing Kaspersky mendeteksi hampir 500.000 upaya untuk mengikuti tautan phishing pada perangkat bisnis di Asia Tenggara (SEA) dengan Indonesia mencatat sebanyak 97.465 insiden.

Statistik ini mengacu pada tautan phishing yang terkait dengan keuangan: e-commerce, perbankan, dan sistem pembayaran. Toko online adalah tiga teratas entitas yang paling sering ditiru oleh phisher.

Tahun lalu, halaman phishing yang meniru portal internet global (16,46%) kembali menempati posisi teratas berdasarkan jumlah upaya pengalihan tautan.

Pengguna layanan web (web services) juga menjadi sasaran pelaku ancaman dengan persentase sebesar 14,66%. Selanjutnya diikuti 12,22% serangan phishing menargetkan pengguna toko online.

“Ancaman bisa datang dari mana saja, namun kita dapat melindungi diri kita dengan kewaspadaan,” kata Yeo Siang Tiong, General Manager Asia Tenggara di Kaspersky.

Berikut tips agar tidak jadi korban penjahat siber saat berbelanja online di Hari Raya Idul Fitri:

● Pilihlah merek-merek familiar yang Anda kenal atau pernah dengar. Jika Anda membeli dari vendor baru, telitilah dengan cermat.

● Anda dapat menggunakan kartu kredit sementara untuk melakukan pembelian online, bukan kartu kredit utama.

● Berbelanja di situs yang aman. Cari alamat URL yang diawali dengan https://, bukan http://. Cari juga gembok tertutup di bilah alamat browser web.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)