Tips Aman Belanja HP Online: Bebas Penipuan dan Dapat Potongan Harga

Rabu, 14 Februari 2024 - 15:00 WIB
loading...
Tips Aman Belanja HP Online: Bebas Penipuan dan Dapat Potongan Harga
Tips aman belanja HP secara online menarik diketahui, karena sebenarnya banyak promo dan diskon yang bisa didapat. Foto: Poco Indonesia
A A A
JAKARTA - Meski popularitas belanja online semakin tinggi, tapi masih ada saja konsumen yang merasa ragu bahkan takut, untuk melakukannya. Terutama untuk membeli produk elektronik yang harganya cukup mahal.

Padahal, beberapa pabrikan smartphone terkadang memberikan promo khusus untuk pembelian secara online.

”Banyak keuntungan yang bisa di dapat, dari sisi kepraktisan, asuransi dan garansi, hingga keuntungan dalam bentuk diskon atau cashback. Tinggal bagaimana kita berbelanja online secara aman, agar terhindar dari hal-hal yang kurang mengenakkan,” beber Andi Renreng, Associate Director Marketing Poco Indonesia.

Andi mencontohkan Poco C65 yang dijual di kanal penjualan online seperti Po.co.id, serta official store Poco Indonesia di Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan Akulaku.

”Jadi, konsumen bebas membeli HP di toko online yang jadi favoritnya,” ungkap Andi.

Nah, berikut adalah tips belanja HP di toko online secara aman:

1. Pastikan platform e-commerce-nya aman

Umumnya, aplikasi e-commerce yang bisa diunduh di toko aplikasi seperti Play Store dan App Store sudah punya sistem keamanan sendiri.

Tapi jika ingin mengakses berbagai platform e-commerce dari browser, pastikan alamat website-nya berawalan "https" (hypertext transfer protocol secure), bukan cuma "http". Itu menandakan sebuah website sudah aman dan dilindungi oleh sistem enkripsi untuk melindungi transaksi dan data pribadi pengguna.

2. Diminta informasi pribadi? Geser ke toko sebelah aja

Berbelanja secara online biasanya cuma membutuhkan sedikit informasi pribadi, seperti nama, alamat, dan nomor telepon untuk pengiriman barang.
Jika ada toko online yang sampai meminta data pribadi seperti KTP, nomor rekening, dan sebagainya, hindari.


3. Koneksi internet yang aman

Koneksi internet menggunakan paket data di hape atau Wi-Fi di rumah sendiri sudah cukup aman, kok, juga jaringan hotspot yang sudah dilindungi oleh sistem enkripsi atau aplikasi anti-virus.

Sebaiknya hindari berbelanja online melalui koneksi internet dari Wi-Fi di tempat umum. Menggunakan koneksi internet yang aman bermanfaat untuk menghindari berbagai risiko yang bisa timbul dari celah keamanan koneksiinternet.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)