Aplikasi News Aggregator Indonesia: BuddyKu, Memudahkan Citizen Journalism Berbagi Informasi Berkualitas

Sabtu, 03 Desember 2022 - 10:04 WIB
loading...
Aplikasi News Aggregator Indonesia: BuddyKu, Memudahkan Citizen Journalism Berbagi Informasi Berkualitas
Citizen Journalism atau biasa disebut dengan masyarakat jurnalisme merupakan media alternatif bagi masyarakat Indonesia saat ini untuk mendapatkan informasi terkini. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Citizen Journalism atau biasa disebut dengan masyarakat jurnalisme merupakan media alternatif bagi masyarakat Indonesia saat ini untuk mendapatkan informasi terkini. Perkembangan fenomena citizen journalism ini dapat dikatakan pesat, media digital ini dapat memudahkan mereka untuk menyebarkan informasi fakta berupa gambar video kemudian diunggah melalui sosial media, seperti Instagram, Tiktok, Line, Whatsapp, dan Twitter. Dengan kata lain, kemajuan teknologi informasi saat ini membuat siapa saja dapat menjadi sumber informasi atau berita.

Keberadaan citizen journalism yang kini semakin naik dari permukaan, membuat beberapa persepsi tentang positif atau tidaknya citizen journalism ini. Perdebatan yang muncul dikarenakan informasi yang beredar serba tidak pasti kebenarannya dan tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Di sisi lain masyarakat memiliki pandangan jika dengan adanya citizen journalism ini sangat membantu dalam memberikan informasi yang bersifat fakta yang baru saja terjadi kepada khalayak luas. Padahal tidak semua informasi yang tersebar bersifat fakta. Masyarakat tetap diperlukan mengelola informasi dengan baik dan melakukan perbandingan dengan berita lainnya.

Baca juga; BuddyKu, Platform Informasi dengan Kecanggihan Artificial Intelligence

BuddyKu aplikasi yang diluncurkan oleh perusahaan besar Indonesia, MNC Group berusaha memberantas berita hoax yang saat ini tersebar luas begitu saja dan tidak dapat dikontrol jumlahnya. Dengan aplikasi BuddyKu masyarakat dapat berbagi informasi dan menjadi citizen journalism berkualitas dikarenakan fitur yang ada di dalam aplikasi BuddyKu membuat segala macam informasi yang ada di dalamnya terkurasi.

Adanya fitur kurasi dalam aplikasi BuddyKu, informasi yang akan dibagikan oleh masyarakat akan diperiksa terlebih dahulu kebenarannya oleh para kurator dan setelah lolos dari informasi palsu, konten yang dibuat tersebut baru bisa dibagikan. Masyarakat tidak perlu khawatir mengenai penggunaan aplikasi BuddyKu, karena BuddyKu mendesain setiap fitur dan kategori aplikasinya untuk mempermudah setiap penggunanya.

Selain itu, BuddyKu juga dilengkapi dengan fitur monetisasi dengan tujuan untuk menghargai usaha para content creator yang membagikan informasi dengan rewards berupa koin pada setiap akun mereka. Koin tersebut dapat diuangkan dan dikirim kedalam rekening pribadi masing-masing setiap pemilik akun BuddyKu. Lebih menarik, monetisasi yang ada didalam BuddyKu tidak bergantung pada tingkatan followers ataupun like penggunanya sehingga yang perlu diperhatikan hanyalah kualitas dari konten yang dibuat.

Baca juga; BuddyKu Fasilitasi Content Creator untuk Sukses Berkarya

Dengan begitu, melalui aplikasi BuddyKu, kini siapapun dapat dengan mudah untuk membagikan informasi. Namun informasi yang dibagikan memiliki kualitas yang menjadikan setiap informasi yang diterima oleh masyarakat luas terjamin kebenarannya.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2572 seconds (11.252#12.26)