Stok di Kulkas Cepet Busuk dan Boros Listrik Moms? Fixed, Kulkas Ini Solusinya!

Senin, 31 Oktober 2022 - 15:54 WIB
loading...
Stok di Kulkas Cepet Busuk dan Boros Listrik Moms? Fixed, Kulkas Ini Solusinya!
Foto: Doc. Shuterstock
A A A
Bahan-bahan makanan seperti sayuran dan buah jadi kudapan yang sering dikonsumsi bersama keluarga. Nutrisi yang ada dalam sayuran atau buah akan tetap terjaga dengan baik jika disimpan dalam tempat yang tepat.

Ya, sebab sayuran dan buah bisa cepat busuk dan basi jika salah penyimpanan, seperti membiarkannya di tempat yang lembab sehingga bakteri lebih mudah hinggap pada makanan. Kulkas yang kurang dingin juga menjadi salah satu penyebab makanan basi dan sayuran serta buah pun bisa membusuk.

Oleh karena itu, Moms wajib tahu cara menyimpan makanan tetap terjaga dengan baik dan tidak cepat busuk:

1. Makanan Harus Ditutup Rapat
Saat hendak memasukkan makanan ke dalam kulkas, jangan lupa untuk menutup makanan dengan rapat. Anda bisa pilih wadah kedap udara atau dibungkus plastik, atau bungkus dengan kertas alumunium foil, sehingga makanan bisa bertahan lama.

2. Pilih Wadah Makanan yang Tepat
Moms juga perlu memperhatikan wadah yang tepat untuk menyimpan makanan di kulkas. Wadah untuk makanan berupa daging dan sayuran sebaiknya tidak dijadikan satu. Hal ini sangat berisiko menyebabkan makanan jadi cepat basi atau busuk.

3. Pastikan Sayuran dan Buah dalam Kondisi Kering
Jika Anda ingin memasukan sayur dan buah ke dalam kulkas, pastikan kondisinya kering. Sayuran dan buah yang basah akan menjadi lembab dan menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Jika Anda merasa sayuran dan buah terlalu kotor dan ingin mencucinya, tetap harus mengeringkannya lebih dahulu untuk masuk ke kulkas.

4. Simpan Daging Mentah di Freezer
Daging mentah yang basah cenderung akan menularkan bakteri ke makanan lain jika tidak dipisahkan penyimpanannya sehingga akan menyebabkan makanan cepat basi dan busuk. Oleh karena itu, daging yang masih mentah harus disimpan di freezer atau jika ingin disimpan di rak, gunakan rak paling bawah dan dipisahkan dari makanan lainnya.

5. Perhatikan Suhu Kulkas
Untuk mencegah stok di kulkas cepat busuk, perhatikan selalu suhu kulkas Anda. Idealnya, suhu pada 4,4 derajat celcius atau lebih rendah baik untuk menjaga stok makanan di kulkas.

Intinya, makanan akan lebih cepat busuk dan basi jika berada dalam suhu yang hangat atau lembab. Maka, pastikan kulkas tetap selalu dingin ya Moms.

Itulah cara yang bisa Moms lakukan agar stok kulkas tidak cepat basi dan busuk. Di samping itu, Moms juga perlu memperhatikan kulkas yang baik untuk menyimpan makanan. Dengan kulkas yang berkualitas tentu juga membuat makanan terjaga nutrisinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4891 seconds (0.1#10.140)