Cara Mempercepat File Explorer pada Windows 10 Biar Nggak Bikin Lemot

Selasa, 25 Oktober 2022 - 14:05 WIB
loading...
Cara Mempercepat File Explorer pada Windows 10 Biar Nggak Bikin Lemot
Cara Mempercepat File Explorer pada Windows 10 FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Cara mempecepat file Explorer pada Windows 10 sangat dibutuhkan untuk download lebih cepat sangat dibutuhkan. Windows 10 adalah sistem operasi Microsoft untuk komputer pribadi yang dikembangkan dan sebagai bagian dari sistem operasi Windows NT.



Versi ini beroperasi untuk bertujuan mengatasi kekurangan dari Windows 8, sehingga keduanya memiliki kesamaan dalam sistem operasinya.

Windows 10 memiliki Windows Explorer atau File Explorer. Perangkat ini tidak akan terpisahkan dari beberapa versi sistem untuk mengoperasikan Microsoft Windows dengan menyediakan sangat membantu para penggunanya untuk mengakses sistem pada file yang tersimpan di windows.

File Explorer dapat memperbaiki kesalahan komputer umum dengan mengganti file sistem yang bermasalah dengan versi kerja awal. Hal tersebut dapat menjauhkan Anda dari kehilangan file penting, kegagalan perangkat keras, dan dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh malware dan virus.

Pemindaian akan segera dimulai dan akan mencari masalah PC yang mempengaruhi kinerja atau keamanan. Setelah pemindaian selesai, maka dapat memperbaiki semua masalah yang telah ditemukan.

Sayangnya, seringkali pengguna mengalami kelambatan saat mengekspor data karena Windows Explorer yang menjadi lambat pada Windows 10.

Hal Ini bisa membuat frustasi, karena memuat penggunanya menununggu hingga empat atau lima menit. Untungnya, masalah ini dapat diperbaiki dengan mudah, seperti yang akan kami tunjukkan dalam panduan ini.

Alasan File Explorer Lambat

Banyak alasan mengapa Windows Explorer bisa sangat lambat di Windows 10. Berikut adalah penyebabnya:

- Aktivitas proses Windows Explorer – Proses Windows Explorer di Task Manager mungkin melakukan terlalu banyak tugas. Untuk memulihkan layanan normal dalam kasus ini, Anda harus memulai ulang proses.

- File sistem yang rusak – File sistem yang rusak atau rusak dapat memengaruhi PC Anda dengan berbagai cara, termasuk menyebabkan File Explorer menjadi lambat. Anda dapat memperbaikinya dengan menjalankan pemindaian SFC dan DISM untuk memperbaiki dan memulihkan file tersebut.

- Masalah dengan pencarian dan pengindeksan – Terkadang, Windows Explorer lambat karena gangguan dengan pencarian dan pengindeksan pada PC Anda. Salah satu cara untuk memecahkan masalah di sini adalah dengan menjalankan pemecah masalah yang sesuai.

- Pengaturan pengoptimalan folder yang salah – Dalam beberapa kasus, folder yang menyebabkan Windows Explorer lambat mungkin dioptimalkan untuk parameter yang tidak sesuai. Agar semuanya berjalan lancar kembali, Anda perlu mengubah pengaturan pengoptimalan folder.

Cara Mempercepat File Explorer

Untuk mengatasi masalah dari lambatnya sistem saat mengexplorer pada Windows Explorer, maka berikut adalah cara untuk mempercepat file explorer yang perlu anda ketahui:

1. Mulai Ulang File Explorer
Memulai ulang File Explorer dapat membantu menyelesaikan masalah Windows File Explorer lambat. Untuk memulai, ikuti langkah-langkah mudah ini:

- Klik kanan pada bilah tugas dan pilih Pengelola Tugas dari opsi.
- Terakhir, klik kanan pada opsi Windows Explorer dan pilih Restart .

Jika masalah berlanjut, tutup File Explorer menggunakan Pengelola Tugas, lalu buka kembali secara manual. Untuk melakukan ini, buka Task Manager seperti langkah sebelumnya. Dari sana, klik kanan pada Windows Explorer dan pilih End task . Terakhir, buka File Explorer secara manual dan periksa apakah masalah telah teratasi.

2. Minimalkan Jumlah Program PC Aktif

Apabila menjalankan terlalu banyak program PC secara bersamaan dapat mempengaruhi kecepatan File Explorer. Bahkan,hal tersebut bisa memperlambat seluruh PC milik anda.

Untuk mengatasi masalah File Explorer memuat lambat, coba minimalkan jumlah program yang berjalan di PC Anda.

- Langkah pertama, buka Task Manager dengan menekan Ctrl + Shift + Esc .

- Arahkan ke tab Proses .

- Di bagian Aplikasi , klik kanan pada program tertentu dan pilih Akhiri tugas . Ulangi ini untuk semua program yang ingin Anda tutup.

Selanjutnya, gulir ke bawah ke bagian Proses latar belakang dan tutup lebih banyak tugas menggunakan langkah-langkah sebelumnya.

3. Nonaktifkan Akses Cepat dan Hapus Riwayat File Explorer

Akses Cepat adalah salah satu fitur terbaik dalam File Explorer . Ketika anda membuka File Explorer, file dan folder yang baru saja diakses akan muncul pada bawah opsi Akses Cepat.

Meskipun fitur ini membantu Anda mengakses file dengan cepat, fitur ini juga dapat memperlambat File Explorer.
Jadi, untuk mempercepat File Explorer, menonaktifkan Akses Cepat dengan mengikuti langkah-langkah ini:

- Buka File Explorer dan klik opsi File di sudut kiri atas layar.

- Pilih Ubah folder dan opsi pencarian .

- Pada jendela berikutnya, navigasikan ke tab Umum .

- Klik menu buka-bawah Open File Explorer to dan pilih This PC .

- Selanjutnya, hapus centang Tampilkan file yang baru saja digunakan di Akses cepat dan Tampilkan folder yang sering digunakan di opsi Akses cepat.

- Sekarang, tekan tombol Hapus di bawah opsi Privasi . Ini harus menghapus riwayat File Explorer.

- Tekan Terapkan lalu tekan OK untuk menerapkan perubahan ini.

Langkah terakhir, restart PC milik anda untuk menerapkan perubahan ini.

4. Konfigurasikan Pengaturan Pengoptimalan Folder

Apakah Anda mengalami masalah ini dengan folder yang berisi banyak file dan subfolder di dalamnya? Jika itu masalahnya, mengoptimalkan folder itu dapat membantu.
Jadi, inilah cara Anda dapat mengoptimalkan folder Anda untuk mengatasi masalah Windows 10 File Explorer lambat:
- Klik kanan pada folder yang bermasalah dan pilih Properties .

- Arahkan ke tab Kustomisasi .

- Klik menu tarik-turun Optimalkan folder ini untuk dan pilih Item umum .

- Centanglah kotak serta terapkan template ini ke semua subfolder .

- Terakhir, klik Apply lalu klik OK untuk menerapkan perubahan ini.

5. Memecahkan masalah Layanan Pencarian dan Pengindeksan Windows

Jika tidak ada solusi yang berhasil sejauh ini, Anda mungkin khawatir dan masih bertanya-tanya, alasan dari file explorer ini lambat maka anda bisa mencoba atasi masalah layanan pencarian dan pengindeksan Windows untuk mengatasi masalah tersebut.

Layanan pencarian dan pengindeksan Windows membantu meningkatkan kinerja pencarian di PC Anda.
Namun, File Explorer dan bilah pencariannya bisa lambat jika layanan pencarian dan pengindeksan mengalami masalah.
Jadi, untuk mengatasi masalah yang dihadapi, pecahkan masalah layanan pencarian dan pengindeksan melalui langkah-langkah berikut:

- Ketik Control Panel di bilah pencarian Windows dan pilih yang paling cocok .

- Pilih Ikon kecil di menu tarik-turun Lihat menurut .

- Dari sana, pilih Opsi Pengindeksan .

- Di jendela selanjutnya, pilihlah Troubleshoot search and indexing .

- Selanjutnya, centang kotak Search or indexing is slowing down computer .

- Terakhir, klik Next untuk menyelesaikan proses.

MG/Nabilah Rofiqoh Duri
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2096 seconds (0.1#10.140)