Perbandingan Earphone Biasa dan TWS, Mana Lebih Unggul?

Selasa, 04 Oktober 2022 - 18:41 WIB
loading...
Perbandingan Earphone Biasa dan TWS, Mana Lebih Unggul?
Earphone, perangkat stereo yang memiliki fungsi sama dengan TWS (True Wireless Stereo). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Earphone , perangkat stereo yang memiliki fungsi sama dengan TWS (True Wireless Stereo). Namun, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan secara seksama.

Earphone sendiri identik dengan perangkat stereo yang masih menggunakan kabel dalam sistem operasinya. Sementara TWS merupakan teknologi yang telah menghapuskan keberadaan kabel.

Baca juga : 5 Alasan Beralih dari Earphone Kabel ke TWS di 2021

Dilansir dari telink-semi.com, Apple Airpods merupakan TWS pertama yang diluncurkan, kala itu di tahun 2016 yang kemudian diperbaharui di tahun 2019. TWS sendiri menggunakan sinyal Bluetooth untuk mentransfer suara.

Untuk perbandingan kedua perangkat audio ini adalah sebagai berikut :

1. Segi Kepraktisan

TWS dinilai lebih praktis ketimbang earphone biasa yang masih menggunakan kabel dalam operasinya. Sehingga para pengguna TWS akan dapat bergerak bebas tanpa dibatasi oleh kabel.

2. Segi Teknologi

Teknologi yang diusung TWS merupakan konektifitas sinyal Bluetooth yang dapat tersambung secara cepat

Sementara earphone biasa lebih mengembangkan teknologi ke arah perangkat driver, earclaw, ataupun earbud yang bersifat fungsional.

3. Stabilitas Transfer Sinyal

Stabilitas pada TWS ini tergantung pada tipe perangkat atau produk yang dikoneksikan.

Sementara transfer sinyal di earphone biasa menggunakan kabel dengan serat metal sangat stabil. Kualitas transfer tergantung pada jenis konduktor atau logam pembuat kabel dan perangkat keras pada drivernya, seperti jenis magnet.

Untuk bermain game, perangkat audio berkabel tetap direkomendasikan

4. Karakteristik Suara

Kebanyakan TWS berkarakter jelas, detil, dan dengan komposisi imbang antara frekuensi mediumnya.

Sementara untuk earphone biasa lebih bervariasi, ada yang berkarakter warm dan deep untuk mereka yang suara bass. Ada pula yang berkarakter jelas, terutama pada earphone gaming.

Baca juga : Benarkah Gunakan Earphone Saat HP di Charge Bisa Kesetrum Hingga Meninggal?

5. Pengisian Daya

Dalam hal ini earphone biasa dinilai lebih praktis karena tak perlu melakukan isi daya dan tak perlu ragu baterai akan habis. Tidak seperti TWS yang harus diisi dayanya.

6. Kontrol

Dalam hal kontrol TWS lebih praktis dengan sistem sentuh terbarunya. Sementara untuk earphone biasa masih mengandalkan kontrol panel sederhana pada kabel.

7. Harga

Meskipun saat ini TWS sudah semakin terjangkau namun bila ingin memiliki perangkat audio yang suara kualitas tinggi diperlukan kocek yang cukup dalam.

Sementara earphone biasa berada di kisaran harga yang jauh lebih murah. Harga untuk yang berkualitas tinggi sekalipun masih dibawah dari TWS.
(bim)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3205 seconds (10.177#12.26)