Benarkah Gunakan Earphone Saat HP di Charge Bisa Kesetrum Hingga Meninggal?

Sabtu, 22 Mei 2021 - 14:34 WIB
loading...
Benarkah Gunakan Earphone Saat HP di Charge Bisa Kesetrum Hingga Meninggal?
Ada beberapa faktor yang menyebabkan sengatan listrik ketika ponsel sedang di charge. Foto: ist
A A A
SULAWESI SELATAN - Seorang remaja asal Wajo, Sulsel, ditemukan tewas dengan mengeluarkan darah di hidung dan telinga di rumah dinas tentara Kelurahan Tancung, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Jumat (21/5). Diduga, penyebabnya karena kesetrum dari earphone yang digunakan saat ponsel sedang di colok listrik.



Putra Kapten Inf M Asri, Danramil Tanasitolo, Wajo, Sulsel itu ditemukan meninggal dunia kamarnya dengan posisi tengkurap dan masih menggunakan earphone dengan ponsel yang sedang dicas. Awalnya Ibu korban mengira Bayu sedang tidur. Namun saat dihampiri dan coba dibangunkan, tubuh korban terasa dingin dan tidak terlihat bernapas dan mengalir darah darah segar dari hidung dan telinga korban.

Pertanyaannya, benarkah menggunakan earphone di ponsel yang sedang di colok listrik (dicharge) bisa mengakibatkan kesetrum hingga meninggal?

Pemilik gerai spesialis headphone & earphone Jaben Network Yogyakarta Sindhu mengatakan, normalnya tidak ada masalah saat pengguna memakai earphone di ponsel yang sedang di charge.

Namun, memang hal itu bisa menjadi masalah ketika ada faktor-faktor tertentu. Pertama, karena menggunakan colokan charger atau adapter ponsel yang tidak asli atau tidak standar/original. ”Sebab, ketika terjadi lonjakan atau ketidakstabilan arus listrik sebenernya yang sangat berperan menjaga arus listrik ada di adapter handphone,” ujarnya saat dihubungi lewat WhatsApp.

Faktor kedua, Shindu menyebut bahwa lebih baik lagi jika ada perbaikan di grounding listrik di rumah. ”Supaya lebih aman, dan kejadian seperti ini tidak terulang atau terjadi dengan elektronik lainnya,” ujar Shindu.

Untuk diketahui,fungsi dari grounding listrik adalah untuk keselamatan. Hal ini karena grounding menjadi penghantar arus listrik yang akan langsung menuju ke tanah atau bumi.

Grounding juga bisa menjadi salah satu komponen proteksi barang elektronik. Fungsi pentingnya untuk mencegah kerusakan barang elektronik jika ada kebocoran listrik di dalam peralatan tersebut. Misalnyasaat terjadi korsleting atau percikan api dari kabel.


”Kasusnya sama seperti kesetrum laptop saat digunakan, kesetrum CPU saat dipakai. Hanya saja, tegangan yang di hantarkan sampai ke badan tidak fatal seperti kasus remaja yang meninggal di Sulawesi Selatan itu,” ungkapnya.

Shindu sendiri menyebut bahwa ketika ponsel sedang di charge, idealnya memang tidak digunakan. ”Meskipun hanya di pegang. Karena bisa terjadi kasus yang sama,” ungkapnya.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)
pixels