Cara Cek Tipe Harddisk GPT atau MBR Paling Mudah

Senin, 25 Juli 2022 - 12:36 WIB
loading...
Cara Cek Tipe Harddisk GPT atau MBR Paling Mudah
Cara cek tipe Harddisk GPT atau MBR bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara cek tipe Harddisk GPT atau MBR ternyata penting untuk diketahui. Mungkin banyak yang masih asing dengan kedua istilah tersebut. Nah, di tulisan kali ini akan dijelaskan perbedaan, fungsi, dan cara mengecek tipe HDD GPT atau MBR.

HDD memiliki skema partisi. Nah, skema partisi terbagi dalam dua jenis, yaitu GPT dan MBR.

MBR (Master Boot Record) merupakan tipe sejak 1983. Tipe partisi MBR hanya bisa dibagi menjadi maksimal 4 partisi saja dan hanya mendukung kapasitas maksimal 2 TB saja.

GPT (GUID Partition Table) adalah tipe partisi terbaru yang sudah ada sejak 1990-an. Tipe partisi GPT bisa dibagi lebih dari 4 partisi sampai maksimal 128 partisi. GPTsudah mendukung kapasitas lebih dari 2 TB dan tidak ada batas maksimal.

Skema partisi ini penting diketahui karena berdampak pada kinerja media penyimpanan dengna kinerja firmware yang dipakai. Contoh, jika komputer menggunakan firmware BIOS (Legacy BIOS) dan UEFI. Maka, perlu skema partisi yang lebih baru yakni GPT.

Sebaliknya, jika masih memakai firmware BIOS, maka bisa menggunakan partisi MBR. Nah, berikut adalah cara untuk mengecek tipe partisi HDD GPT atau MBR:

1. Menggunakan CMD
Cara ini mudah, karena memakai tool bawaan Windows yaitu Command Prompt (CMD) untuk menjalankan Diskpart. Fungsi perintah Diskpart di CMD adalah mengatur penyimpanan pada komputer.

Langkah yang harus dilakukan adalah, buka Command Prompt (CMD) di laptop atau PC lewat Start Menu. Lalu, pada jendela CMD, silahkan ketikkan perintah dibawah kemudian tekan enter pada keyboard.

Pertama, ketik diskpart. Ikuti perintah untuk menampilkan daftar penyimpanan, tekan enter. Lalu, ketik list disk. Pehartikan kolom GPT disk di baris HDD Anda. Jika kolom tersebut ada tanda bintang (*), artinya, HDD Laptop Anda bertipe GPT. Sebaliknya, jika tidak ada tanda bintang, artinya jenis partisi Hardisk Anda adalah MBR.

2. Menggunakan Disk Management
Cara mudah lainnya untuk mengecek HDD GPT atau MBR lewat Disk Management. Disk Management merupakan tool bawaan Windows untuk mengatur penyimpanan Laptop.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9335 seconds (0.1#10.140)