Daftar Kekayaan Sergey Brin, Pendiri Google yang Baru Saja Bercerai

Selasa, 28 Juni 2022 - 09:14 WIB
loading...
Daftar Kekayaan Sergey Brin, Pendiri Google yang Baru Saja Bercerai
Daftar kekayaan Sergey Brin yang begitu banyak membuatnya jadi salah satu orang terkaya di dunia. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Daftar kekayaan Sergey Brin sebagian besar memang berasal dari Google dan Alphabet, perusahaan teknologi raksasa yang ia dirikan.

Brin, 48, adalah orang terkaya no 6 di dunia dengan kekayaan mencapai USD94 miliar-USD101 miliar menurut Bloomberg. Belum lama ini, ia baru saja bercerai dengan istrinya Nicole Shanahan.

Menurut majalah People, penyebab perceraian tersebut karena “perbedaan yang tidak bisa didamaikan”. Menurut catatan Business Insider, kedua pasangan memiliki aset bersama yang baru akan diputuskan pembagiannya kemudian berdasarkan persetujuan kedua belah pihak.

Daftar Kekayaan Sergey Brin, Pendiri Google yang Baru Saja Bercerai

Brin dan mantan istrinya Nicole. Foto: ist

Brin juga meminta hak perwalian terhadap putri mereka yang baru berusia 2 tahun. ”Pemohon adalah salah satu pendiri Google dan salah satu pengusaha teknologi terkaya dan terkenal di dunia. Karena itu, ada kepentingan publik perceraian mereka dan masalah hak asuh anak,” tulis pengacara Brin. ”Publisitas ini menempatkan anak mereka pada risiko bahaya, pelecehan, dan bahkan penculikan,”.

Brin sebelumnya menikah dengan salah satu pendiri 23andMe Anne Wojcicki dari 2007 hingga 2015. Dari pernikahan itu mereka memiliki dua anak, yakni Benji, 13, dan Chloe, 11.

Brin yang asal Rusia itu mendirikan Google dengan Larry Page pada 1998. Keduanya mengundurkan diri dari posisi eksekutif di perusahaan induk Google, Aplhabet pada 2019. Namun, Brin masih memiliki saham besar di Google.

Sumber Kekayaan
Sumber kekayaan Sergey Brin yang terus meningkat tentu saja dari Alphabet. Pada 2022, Brin memiliki 6 persen saham di Alphabet, perusahaan induk Google itu.
Sejak IPO pada 2004, Brin telah menjual USD9 miliar saham Alphabet dan Google. Ia memiliki saham Alphabet kelas B dan kelas C. Termasuk 19 juta lembar saham kelas C.

Pendapatan Google sendiri pada 2021 mencapai USD257 miliar. Pada 2012 dan 2019 sendiri, kekayaan bersih Sergey naik dari USD12 miliar ke puncak USD60 miliar.

Dia juga memegang saham di perusahaan mobil listrik Tesla dan 23andMe. Larry dan Sergey memimpin putaran investasi USD40 juta di Tesla pada 2006. Brin adalah orang keempat yang menerima SUV Tesla Model X Crossover.

Brin juga terkenal suka sekali dengan real estat. Pada 2008, ia membeli sebuah penthouse di New York seharga USD8,5 juta. Ia juga memiliki rumah di Los Altos Hills, California.

Daftar Kekayaan Sergey Brin, Pendiri Google yang Baru Saja Bercerai

Pada 2011, ia menghabiskan USD80 juta untuk membeli yacht Dragonfly yang memiliki panjang 73 meter. Bersama Larry Page, ia memiliki pesawat Boeing 767-200 dan Dornier Alpha Jet. Pesawat tersebut bisa mengakut 50 penumpang, kamar mandi, area makan, dan lainnya. Pada 2014, Brin dan Page menghabiskan USD82 juta untuk membangun bandara pribadi di San Jose.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1137 seconds (10.101#12.26)