Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah Tanpa Menggunakan Alat

Minggu, 12 Juni 2022 - 14:05 WIB
loading...
Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah Tanpa Menggunakan Alat
Cara memperbaiki headset mati sebelah bisa dilakukan selama kerusakannya tidak parah. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara memperbaiki headset mati sebelah memang cukup menantang. Selama kerusakannya tidak parah, headset mati sebelah masih bisa diperbaiki.

Nah, ada beberapa penyebab umum mengapa headset bisa mati sebelah. Misalnya ada kerusakan pada earpiece, kabel putus, jack audio bermasalah, steker rusak, speaker headset mati, dan lainnya.

Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki headset mati sebelah tanpa menggunakan alat:

Luruskan Kabel Earphone
Jika Anda adalah tipe orang yang rutin membungkus atau mengikat kabel earphone, lalu memasukkannya ke dalam saku agar mudah dibawa, maka ini dapat menyebabkan salah satu atau kedua earbud berhenti bekerja. Cara pertama untuk mengatasi headset mati sebelah adalah dengan memutar, menekuk, meluruskan, hingga menyesuaikan posisi kabel agar audio terdengar di lubang headset.

Sambil menekuk, pastikan suara muncul. Lalu, pegang kabel agar tidak berubah posisinya dengan jari. Gunakan selotip untuk menahan posisi kabel. Sehingga tidak perlu mencari posisi yang tepat setiap kali akan mendengarkan audio lewat headset.

Bandingkan dengan Earphone Lainnya
Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah Tanpa Menggunakan Alat

Saat Anda mencoba memperbaiki headset mati sebelah, pastikan bahwa kerusakaan itu bukan karena bug di ponsel. Untuk melakukannya, coba bandingkan dengan earphone lain.

Jika earphone kedua berfungsi dengan baik, maka kesalahannya berasal dari earphone Anda. Tetapi jika tidak, maka Anda perlu mengecek bug di ponsel Android Anda agar dapat berfungsi kembali. Misalnya dengan update software terbaru.

Bersihkan Jack Headphone
Salah satu alasan headphone mungkin berfungsi dengan baik adalah adanya kotoran di bagian jack. Ini wajar, karena saku dan tas Anda rawan debu. Debu itu bisa masuk ke jack headphone dan mempengaruhi agar tidak berfungsi dengan baik.

Cara termudah adalah menggunakan cotton bud (yang digunakan untuk membersihkan telinga). Pastikan kuncupnya tidak mengembang sehingga tidak ada kapas yang tersangkut di soket earphone. Dorong perlahan ke dalam hingga menyentuh ujungnya dan putar secara bertahap untuk menyikat semua sisi colokan earphone.

Tidak ada salahnya sedikit memakai alkohol. Meski, Anda harus perhatikan bahwa jack earphone terbuat dari logam, dan dapat terkorosi oleh alkohol.

Restart Perangkat
Beberapa pembaruan di perangkat dapat memengaruhi fungsi audio. Anda juga dapat secara tidak sengaja mengubah pengaturan di telepon Anda saat mengoperasikan perangkat Anda. Sebelum melangkah lebih jauh, restart dulu perangkatnya.



Cek Kabel yang Rusak
Jika earbud/headphone hanya berfungsi di satu sisi, kabel mungkin rusak atau putus di bagian dalam. Ini terjadi karena pengguna mencabut ponsel dengan keras. Bukannya menarik dengan lembut di ujung jacknya. Jika dilakukan terlalu sering, bisa menyebabkan kabel rusak atau putus dan steker earphone bengkok.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8092 seconds (0.1#10.140)