Catat! Ini Perbedaan Headphone, Earphone, Earbuds dan Airpods

Rabu, 11 Oktober 2023 - 15:27 WIB
loading...
Catat! Ini Perbedaan Headphone, Earphone, Earbuds dan Airpods
Ugreen HiTune X5 Wireless Earbuds. (Foto: Dok SINDOnews)
A A A
JAKARTA - Penggunaan perangkat elektronik untuk hiburan semakin canggih dan sangat beragam. Tilik saja beragam perangkat penunjang yang belakangan marak digunakan seperti headphone, headset, earphone, earbuds dan airpods.

Meski berbeda-beda, sejatinya perangkat-perangkat di atas memiliki fungsi hampir sama, yaitu membantu pengguna menikmati fitur hiburan dan berkomunikasi.

Agar tidak bingung yuk simak perbedaannya, dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/10/2023).

1. Headphone

Headphone dipakai untuk mendapatkan kualitas suara yang baik oleh musisi, komposer musik, hingga DJ (disk jockey). Perangkat dengan dua speaker mini ini ditempatkan di telinga. Dua speaker mini tersebut terhubung dengan bahan plastik atau lempengan alumunium untuk penyangganya yang ditaruh di atas kepala. Headphone memiliki banyak jenis, tergantung ukuran, yaitu on-ear headphone dan over-ear headphone.


2. Headset

Perangkat audio ini mirip headphone. Bentuknya sama-sama menggunakan desain dengan dua speaker mini yang terhubung dengan pengait yang terletak di atas kepala pengguna.

Perbedaannya terletak tambahan fungsi. Jika headphone hanya sebagai alat mendengarkan suara atau musik, headset bisa digunakan juga untuk berkomunikasi, karena memiliki mikrofon. Bentuk mikrofon pada headset biasanya dikaitkan pada salah satu speaker-nya.

Biasanya headset sangat digemari oleh para gamer yang melakukan streaming ketika bermain, sehingga bisa memberikan komentar atau berkoordinasi dengan rekan setim. Jenis headset juga ada dua, sama seperti headphone yang dibedakan dengan bentuk ukuran speaker-nya.

3. Earphone

Perangkat ini memiliki desain yang lebih kecil dari headphone, maupun headset. Terutama untuk ukuran speaker-nya. Jika di headphone atau headset menutupi seluruh atau sebagian daun telinga, earphone ini hanya menutupi lubang telinga. Earphone sering menjadi aksesori tambahan ketika membeli smartphone.

Kini, earphone terus berkembang, tidak hanya menggunakan kabel dan jack audio 3.5 mm, tetapi sudah mendukung nirkabel dengan teknologi Bluetooth dan TWS (True Wireless Stereo).

Meski ukurannya kecil, earphone didukung lubang mikrofon untuk berkomunikasi. Namun, suara yang dihasilkan tidak sebagus headset. Selain itu, earphone kabel dan nirkabel biasanya juga dilengkapi tombol volume naik dan turun, serta tombol multifungsi untuk mengangkat panggilan telepon, hingga mengendalikan pemutar musik.


4. Earbuds

Earbuds merupakan perangkat earphone yang dirancang untuk muat ke dalam lubang telinga. Dalam kasus penggunaan berkepanjangan, perangkat ini bisa membuat telinga sakit, karena bodi plastik earbuds langsung bersentuhan dengan kulit.

Kelebihan dari desain ini adalah membuatnya tidak mudah lepas dari telinga. Berbeda dengan earphone yang lebih ramah pada telinga karena bentuknya tidak menusuk. Ada juga earphone yang menggunakan busa agar nyaman di telinga.

Seiring berjalannya waktu, model ini berkembang menjadi perangkat yang lebih canggih karena tidak lagi menggunakan kabel. Wireless earbuds sekarang telah banyak dijumpai di pasar, seperti Apple AirPods dan Samsung Galaxy Buds.

5. True Wireless Stereo (TWS)

TWS hadir bersamaan dengan rilisnya teknologi Bluetooth 5.0 yang bisa menghubungkan gelombang suara dari smartphone atau laptop ke perangkat earphone dengan minim delay dan real stereo. Earphone yang sudah menggunakan teknologi TWS , speaker kiri dan kanan dapat berfungsi secara independen dan dapat digunakan bersamaan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)