Suara Headset Kecil Sebelah, Begini Cara Mengatasinya

Kamis, 01 September 2022 - 15:38 WIB
loading...
Suara Headset Kecil Sebelah, Begini Cara Mengatasinya
Penggunaan headset kadang mengalami beberapa gangguan, salah satunya suara kecil sebelah. Masalah suara kecil sebelah bukan selalu headset rusak, ada beberapa penyebab lainnya. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Headset merupakan perangkat yang terhubung dengan telepon selular ( ponsel ) atau komputer yang berfungsi memudahkan pengguna untuk berbicara atau mendengarkan audio sambil melakukan aktivitas.

Headset seringkali digunakan untuk video chat, skype, video call dan sebagainya. Cara kerja headset dengan mengubah arus listrik menjadi gelombang suara yang dapat didengar dengan telinga.

Penggunaan headset kadang mengalami beberapa gangguan, salah satunya suara kecil sebelah. Masalah suara kecil sebelah bukan selalu headset rusak, ada beberapa penyebab lainnya.



Di antaranya, pengaturan dari konfigurasi yang salah, bug pada system, jenis headset tidak cocok untuk ponsel, dan terakhir kondisi headset sudah rusak. Berikut cara mengatasi suara headset yang kecil sebelah.

1. Restart Ponsel
Apabila terdapat error atau bug kecil dari sistem, maka dapat melakukan dengan restart ponsel agar sistem dapat diperbaiki secara otomatis. Jika penyebabnya dari sistem yang error maka cara ini akan efektif.

2. Periksa Koneksi Headset dari Ponsel
Masalah dari posisi konektor headset yang salah bisa jadi penyebabnya. Berikut langkah untuk memeriksanya.
Lepaskan dari konektor headset jack audio dari ponsel.
Tes suara dengan bermain musik.
Putar konektor sambil mendengarkan suara.
Cabut konektornya, terkadang cara ini berpengaruh.

3. Gunakan Aplikasi dari Equalizer
Jika dengan restart suara dari headset masih bermasalah, maka anda dapat mencoba menggunakan aplikasi dari equalizer. Aplikasi ini berguna dan memungkinkan anda dapat mengatur audio dari ponsel.



4. Periksa Kabel dari Headset
Apabila headset menggunakan kabel, maka periksalah kabel yang sering digunakan. Terkadang headset yang terlilit oleh kabel atau hampir putus sehingga suara yang dikeluarkannya menjadi kecil.

5. Periksa dengan Headset Lain
Jika kesulitan untuk memperbaiki kabelnya, maka anda dapat memeriksanya terlebih dahulu dengan menggunakan headset lain. Apabila dengan headset lain tidak bermasalah, maka headset anda sudah rusak. Namun, dengan headset lain juga mengeluarkan suara kecil mungkin salah satu pengaturan dari ponsel.

MG/Nabilah Rofiqoh Duri
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2203 seconds (0.1#10.140)