Gampang! Begini Cara Membersihkan Headphone dan Perangkat Audio Lainnya

Kamis, 11 Januari 2024 - 19:37 WIB
loading...
Gampang! Begini Cara Membersihkan Headphone dan Perangkat Audio Lainnya
Bila lama tidak dibersihkan, headphone atau earphone bisa menjadi sarang kotoran. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Ketahui cara membersihkan headphone dan perangkat audio lainnya. Tujuannya, agar headphone maupun perangkat audio lainnya tidak mengalami kerusakan dini.

Bila lama tidak dibersihkan, headphone atau earphone bisa menjadi sarang kotoran. Debu, sel kulit mati, kotoran telinga hingga produk perawatan bisa saja menempel di perangkat tersebut.

Tapi ingat, kamu tidak bisa sembarangan membersihkan headphone dan perangkat audio lainnya seperti menghisap atau meniupnya. Ada treatment khusus untuk membersihkan perangkat ini. Apa saja?

Cara Membersihkan Headphone

1. Pakai Kain Pembersih Kacamata


Gunakan bantuan kain kacamata untuk membersihkan headphone. Selain memiliki permukaan lembut, jenis kain kacamata sendiri biasanya dapat memudahkan proses pembersihan di sela-sela yang sulit dijangkau alat pembersih lain. Tidak jauh berbeda dengan cotton buds, kamu hanya perlu mengusap kain ke bagian dalam lubang headphone.

Penggunaan kain kacamata yang biasanya menggunakan material microfiber akan mempermudah dalam membersihkan headphone kotor dengan cakupan bidang lebih besar. Pastikan juga untuk menggunakan kain kering pada proses pembersihan untuk mencegah air jatuh ke mesin headphone maupun meninggalkan tetesan air pada bagian dalam lubang headphone.

2. Gunakan Cotton Buds


Perhatikan lubang headphone. Bagian ini cukup sulit dalam membersihkannya sehingga kamu membutuhkan alat seperti cotton buds kering untuk membersihkan headphone kotor di sela-sela lubang. Selain itu, menggunakan cotton buds yang lembab bisa menjadi pilihan untuk mengangkat kotoran bandel.

Jangan lupa untuk membersihkan headphone kotor di tempat dengan penerangan yang cukup sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan membersihkan headphone kotor di bagian lubangnya, maka risiko kotoran yang mengandung bakteri tidak akan masuk ke dalam telinga. Mengingat, bagian ini yang sang dekat atau kontak langsung dengan telinga.

3. Gunakan Minyak Kayu Putih atau Baby Oil


Minyak kayu putih bisa digunakan untuk membersihkan kabel kotor. Caranya hanya dengan mengoles minyak kayu putih, lalu mengusap kabel hingga kotoran terlihat memudar. Selanjutnya, kamu bisa membersihkan sisa kotoran dan minyak kayu putih tersebut menggunakan kain maupun tisu.

Bila tidak tahan dengan aroma minyak kayu putih, baby oil bisa menjadi alternatif. Cara untuk menggunakannya pun tidak jauh beda dengan cukup membaluri kabel dengan minyak tersebut, lalu lakukan usapan sedikit ke permukaan kabel yang kotor. Dengan begitu, kotoran pada kabel akan hilang.

Dua bahan tersebut juga bisa digunakan untuk membersihkan kabel lainnya seperti kabel USB Type C , kabel data dan kabel charger.

4. Pakai Hand Sanitizer


Cara membersihkan headphone kotor selanjutnya adalah menggunakan hand sanitizer. Cairan yang rutin menjadi perlengkapan setiap orang di masa pandemi ini ternyata cukup ampuh membersihkan headphone kotor secara cepat. Di mana, hanya membutuhkan setidaknya dua alat seperti tisu kering dan hand sanitizer, lalu basahi tisu dengan menyemprotkan hand sanitizer.

Ketika melakukan teknik ini, pastikan tisu tidak terlalu basah dan kering untuk mencegah cairan masuk ke bagian dalam headphone. Setelah itu, kamu bisa membersihkan headphone dengan cara mengusapkan tisu lembab tersebut ke seluruh permukaan headphone. Cara ini cukup ampuh untuk mengangkat kotoran dengan efektif dan tidak memerlukan waktu lama.

5. Gunakan Tisu Basah


Cara ini bisa menjadi pilihan khususnya bagi kamu yang tidak memiliki waktu atau tidak sempat membersihkan headphone kotor karena kesibukkan. Caranya cukup dengan mengusap tisu ke permukaan headphone kotor.

Hanya saja, kamu harus memastikan cairan pada tisu basah tidak sampai masuk atau menetes ke bagian dalam headphone. Hal ini wajib dicegah dalam penggunaan tisu basah karena tisu basah memiliki kadar cairan tinggi dan bisa merusak headphone.

Itulah lima cara membersihkan headphone dan perangkat audio lainnya. Dapatkan berbagai aksesoris gadget terbaik di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir tanpa batas dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store . Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk kebutuhanmu.

Hari ini, pukul 17.30 WIB ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2673 seconds (0.1#10.140)