5 Cara Terbaik untuk Melindungi Privasi Anda di WhatsApp

Jum'at, 03 Juni 2022 - 07:08 WIB
loading...
5 Cara Terbaik untuk Melindungi Privasi Anda di WhatsApp
Perlindungan privasi di WhatsApp bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Foto: ist
A A A
JAKARTA - WhatsApp memiliki berbagai fitur untuk membuat privasi penggunanya terlindungi. Artinya, terlindungi dari pesan orang tidak dikenal, tiba-tiba ditambahkan ke Grup WhatsApp tertentu, diikuti oleh orang tertentu, hingga mengetahui apakah Anda sedang online atau tidak.

Perubahan setelah privasi di WhatsApp bisa diatur dengan mudah:

Android: Ketuk Opsi lainnya > Setelan > Akun > Privasi.
iPhone: Ketuk Pengaturan > Akun > Privasi.
Desktop: Ketuk Menu > Setelan > Privasi.

Anda dapat mengubah siapa yang dapat:
1. Melihat Terakhir dilihat Anda
2. Melihat Foto profil Anda
3. Melihat Info Anda
4. Melihat pembaruan Status Anda
5. Melihat Laporan dibaca
6. Menambahkan Anda ke Grup

Nah, jika Anda benar-benar ingin menjaga privasi di WhatsApp, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Dengan cara ini, Anda benar-benar tidak mudah diganggu oleh orang lain. Berikut caranya:

1. Menonaktifkan Tanda Dibaca
Buka aplikasi WhatsApp, ketuk ikon roda gigi ‘Pengaturan’, pilih ‘Akun’, kemudian ‘Privasi’. Nonaktifkan tanda dibaca, sehingga pengguna tidak akan dapat melihat tanda dibaca untuk pengguna lain. Nonaktifkan juga tanda dibaca untuk obrolan grup.

Setel informasi ‘Terakhir Terlihat’ menjadi pribadi, pengguna juga tidak akan dapat melihat ‘Terakhir Terlihat’ untuk pengguna lain.
Pilih grup dari daftar opsi untuk pengaturan itu, ada tiga pilihan yaitu, ‘Setiap orang’, ‘Kontak saya’, dan ‘Bukan siapa-siapa’.

2. Blokir Kontak
Jika Anda khawatir ada orang tertentu melihat profil, lokasi, serta status online Anda, pertimbangkan untuk memblokirnya. Cara ini efektif, sehingga Anda tidak perlu mengunci semua pengaturan privasi.

3. Ubah Pengaturan Privasi Grup
Jika ingin mengontrol siapa yang melihat apa tentang pengguna di grup WhatsApp, coba gunakan opsi “Kontak Saya Kecuali…”. Lalu, buat daftar kontak pengecualian dari menu Privasi.

4. Aktifkan Kunci Layar
Nyalakan pengaturan kunci layar untuk mencegah seseorang membaca pesan saat pengguna tidak melihat ponsel.
Ketuk ‘Kunci Layar’ pada menu Privasi dan pilih di antara empat opsi yang memungkinkan pengguna memutuskan berapa lama waktu berlalu sebelum layar terkunci.



5. Gunakan ID Wajah (Face ID)
Pengguna iPhone dapat mengaktifkan ID Wajah untuk membuka kunci WhatsApp. Mereka bisa mengaktifkan pengaturan menggunakan halaman yang sama dengan kunci layar.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6104 seconds (0.1#10.140)