4 Fitur Keamanan Baru WhatsApp yang Wajib Anda Ketahui

Jum'at, 14 April 2023 - 11:53 WIB
loading...
4 Fitur Keamanan Baru WhatsApp yang Wajib Anda Ketahui
Perlindungan akun, verifikasi perangkat, hingga kode keamanan otomatis jadi beberapa fitur keamanan baru WhatsApp. Foto: dok Online Tech Tips
A A A
JAKARTA - WhatsApp baru saja merilis sejumlah fitur keamanan baru. Diharapkan, fitur-fitur ini membuat pengguna jadi lebih aman. ”Melindungi pesan pribadi Anda menggunakan enkripsi end-to-end adalah dasar dari keamanan tersebut, dan kami tidak akan pernah berhenti membangun fitur baru guna memberi Anda lapisan privasi tambahan, serta lebih banyak kontrol atas pesan Anda,” tulis keterangan resmi mereka.

Dalam beberapa bulan mendatang, akan ada beberapa fitur keamanan tambahan yang akan bisa digunakan oleh pengguna. Berikut beberapa diantaranya:

1. Perlindungan Akun

Jika Anda perlu mengalihkan akun WhatsApp Anda ke perangkat baru, maka WhatsApp mungkin akan meminta di perangkat lama Anda untuk memverifikasi bahwa Anda ingin melakukan langkah ini sebagai pemeriksaan keamanan tambahan.

Fitur ini dapat membantu memperingatkan Anda apabila ada percobaan yang tidak sah untuk memindahkan akun Anda ke perangkat lain.

2. Verifikasi Perangkat

Saat ini malware perangkat seluler adalah salah satu ancaman terbesar terhadap privasi dan keamanan orang-orang karena dapat memanfaatkan ponsel Anda tanpa izin dan menggunakan WhatsApp Anda untuk mengirim pesan yang tidak diinginkan.

Guna membantu mencegah ancaman ini, WhatsApp telah menambahkan pemeriksaan untuk membantu mengautentikasi akun Anda—tanpa perlu tindakan apa pun dari Anda—dan melindungi Anda dengan lebih baik apabila perangkat Anda disusupi.

3. Kode Keamanan Otomatis

Fitur verifikasi kode keamanan akan membantu memastikan chat Anda benar-benar sampai ke penerima yang dimaksudkan. Anda dapat memeriksanya secara manual dengan membuka tab enkripsi pada bagian info kontak.


4. Transparansi Kunci

WhatsApp baru saja meluncurkan fitur keamanan berdasarkan proses yang disebut “Transparansi Kunci”. Fitur ini memungkinkan Anda secara otomatis memverifikasi bahwa Anda memiliki koneksi aman. Artinya, saat mengeklik tab enkripsi, Anda akan dapat segera memverifikasi bahwa pembicaraan pribadi Anda aman.

Menurut WhatsApp, ada dua fitur yang dapat diaktifkan hanya oleh pengguna: yakni verifikasi dua langkah dan penggunaan cadangan yang terenkripsi secara end-to-end. “Kami berharap para pengguna WhatsApp dapat menikmati peningkatan keamanan yang ditawarkan fitur-fitur ini,”beberWhatsApp.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)