Waspada Doxing di Media Sosial, Ini Cara Menghindarinya

Senin, 30 Mei 2022 - 10:04 WIB
loading...
Waspada Doxing di Media Sosial, Ini Cara Menghindarinya
Doxing di media sosial masih marak terjadi, terutama bagi mereka yang banyak mengumbar informasi pribadi. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Doxing di media sosial menjadi pengalaman buruk bagi korban. Karena bisa berdampak pada kehidupan pribadi, karier, reputasi, dan masih banyak lagi.

Internet, khususnya media sosial menjadi tempat penyebaran informasi yang begitu bebas. Saking masifnya informasi yang lalu-lalang di sana, dapat menimbulkan beragam risiko.

Salah satunya doxing . Yakni tindakan pencarian informasi pribadi orang lain tanpa izin pihak yang bersangkutan. Pembongkaran identitas ini tentu dapat berakibat buruk terhadap hak privasi seseorang.

Dan mirisnya lagi, hampir semua doxing dilakukan dengan motif negatif. Beberapa pihak melakukannya untuk mengintimidasi dan membungkam pihak yang ditarget. Atau, bisa juga karena sakit hati dan balas dendam.

Nah, agar terhindar dari kejahatan ini, harus lebih waspada lagi. Salah satu penyebab doxing adalah minimnya kesadaran melindungi data pribadi di internet. Untuk itu mulai sekarang perlu untuk lebih memperketat data pribadi. Berikut ini adalah tips agar terhindar dari doxing, seperti dilansir dari Kominfo:

1. Ubah akun media sosial menjadi privat
2. Hapus akun medsos yang tidak terpakai
3. Jangan mengunggah informasi yang terlalu pribadi
4. Meminimalisir pemakaian fitur lokasi pada postingan
5. Mengubah kata sandi akun secara berkala
6. Mengaktifkan fitur 2 step authentication

Itulah beberapa tips agar terhindar dari doxing. ”Intinya, selalu berupaya seminim mungkin mengungkap data pribadi kita ke media sosial untuk pencegahan awal doxing,” tulis Kominfo.

BACA JUGA: Celah Keamanan di WhatsApp Bikin Penjahat Bisa Meretas Akun dengan Cepat

Tentu saja, jangan pula melakukan doxing kepada orang lain. Sebab, kegiatan ini bisa dikategorikan sebagai kejahatan siber. Ada jeratan hukum yang akan diterima jika melakukannya.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1382 seconds (11.252#12.26)