Celah Keamanan di WhatsApp Bikin Penjahat Bisa Meretas Akun dengan Cepat

Senin, 30 Mei 2022 - 07:30 WIB
loading...
Celah Keamanan di WhatsApp Bikin Penjahat Bisa Meretas Akun dengan Cepat
Peretas akan secara acak melakukan panggilan kepada pengguna dan mencoba meyakinkan mereka untuk menghubungi nomor tertentu. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Para pengguna WhatsApp harus lebih waspada. Sebab, peneliti keamanan komputer dari CloudSEK mendeteksi adanya celah keamanan yang memungkinkan pengguna menjadi target penipuan.

Sialnya lagi, celah ini membuat penjahat siber bisa meretas akun WhatsApp hanya menggunakan cara yang sangat sederhana. Dikatakan bahwa mereka melancarkan aksinya hanya lewat panggilan telepon saja.

Peneliti mengungkap bahwa modus operandinya sangat sederhana. Peretas akan secara acak melakukan panggilan kepada pengguna dan mencoba meyakinkan mereka untuk menghubungi nomor tertentu.

Nah di sini jika korban terbujuk untuk melakukannya, maka mereka bakal langsung log out atau keluar dari akun WhatsApp mereka. Dengankata lain, nomor yang ditelpon ini merupakan gerbang bagi peretas untuk mengendalikan akun korban.

”Karena penyedia layanan di seluruh dunia menggunakan angka yang dimulai dengan '67' atau '405'; korban cenderung menelepon tanpa ragu-ragu,” kata peneliti seperti dikutip dari Gizchina.

”Begitu peretas mendapatkan akses ke akun, mereka akan meminta uang dari kontak korban. Dengan cara ini, peretas menipu kontak WhatsApp korban bahkan sebelum korban menyadarinya,” jelasnya.

Mengendalikan akun WhatsApp memang dapat membuahkan hasil dengan cepat. Apalagi sejak akhir 2021 WhatsApp telah mengesahkan transaksi dalam mata uang kripto melalui integrasi dompet digital di aplikasi (khusus beberapa negara tertentu).

Cara lain untuk mendapatkan uang cepat adalah dengan mengambil alih akun WhatsApp untuk meminta uang dari teman atau saudara korban yang mudah tertipu dan tidak curiga.



Bagaimanapun, tidak banyak yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari penipuan semacam ini. Selalu aktifkan otentikasi dua faktor dan jangan pernah menerima panggilan dari kontak yang tidak dikenal di WhatsApp.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4980 seconds (0.1#10.140)