Pandemi Segera Jadi Endemi, Penjualan Masker Ternyata Tetap Tinggi

Rabu, 18 Mei 2022 - 20:35 WIB
loading...
Pandemi Segera Jadi Endemi, Penjualan Masker Ternyata Tetap Tinggi
Masker kesehatan masih jadi salah Satu produk yang laris manis di Tokopedia. Foto: dok Tokopedia
A A A
JAKARTA - Meski pemerintah mengisyarakat pandemi Covid-19 berangsur jadi endemi, tapi penjualan masker marketplace masih tetap tinggi. Hal tersebut terungkap dalam Tren Belanja Kuartal I 2022 yang dirilis oleh Tokopedia .

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, produk seperti masker kesehatan, masker sekali pakai, serta obat herbal menjadi yang paling banyak dicari selama tiga bulan pertama di 2022 di kategori Kesehatan. ”Ini karena masker masih jadi kebutuhan penting bagi masyarakat untuk beraktivitas,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk melonggarkan kebijakan penggunaan masker di luar ruangan (outdoor). Keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan sejumlah aspek.

Salah satunya, karena penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia disebut semakin terkendali dalam beberapa waktu terakhir.

Ekhel melanjutkan, dari catatan Tokopedia, produk Rumah Tangga, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Elektronik dan Fesyen menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat pada kuartal I 2022.

Pandemi Segera Jadi Endemi, Penjualan Masker Ternyata Tetap Tinggi

Pada kategori Rumah Tangga, produk yang paling laris antara lain bantal kepala, stop kontak dan benih/bibit tanaman. Di kategori Makanan dan Minuman, minyak goreng, mie instan serta buah-buahan adalah beberapa produk paling laku.

Pada kategori Elektronik, earphone, bohlam lampu serta speaker menjadi produk paling banyak dibeli. Di sisi lain, produk kaos, sandal serta sneakers jadi yang terlaris dicari masyarakat pada kategori Fesyen Pria. Untuk kategori Fesyen Wanita, sandal, tas selempang dan daster menjadi produk yang paling laris.

“Kami juga melihat temuan menarik lainnya dari perilaku belanja masyarakat. Tercatat pengiriman terjauh di Tokopedia, yaitu dari Pekanbaru ke Jayapura. Pengiriman antar pulau pun semakin meningkat di kuartal I 2022, dengan peningkatan paling tinggi sebesar hampir 65 kali lipat untuk pesanan dari Sulawesi ke Papua,” jelas Ekhel.

BACA JUGA: Ajang Modifikasi Digital Honda Brio V-Mod #4 Mengusung Tema Street Race

Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal di seluruh wilayah Indonesia, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal, yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misal lewat kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2373 seconds (10.101#12.26)