4 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP dengan Mudah

Sabtu, 26 Maret 2022 - 16:43 WIB
loading...
4 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP dengan Mudah
Embun di kamera HP sangat mengganggu karena membuat hasil foto menjadi kabur. Foto: dok OPPO
A A A
JAKARTA - Cara menghilangkan embun di kamera HP penting untuk diketahui. Sebab, Anda pasti pernah mengalami keadaan ketika kamera HP berembun. Dampaknya, hasil foto menjadi tidak maksimal dan bisa terlihat blur/kabur.

Kamera HP yang berembun biasanya disebabkan HP terkena air. Baik hujan maupun tersiram secara tidak sengaja. Atau, karena udara lembab maupun panas dan dingin.

Hal tersebut diperparah ketika casing HP atau bodi HP tidak tertutup rapat, sehingga memiliki celah bagi air untuk masuk ke dalamnya.

Apabila kamera HP berembun dibiarkan begitu saja, bisa menjalar ke komponen-komponen lain di dalam HP dan bisa mengakibatkan kerusakan. Maka, sebisa mungkin segera hilangkan embun yang berada di kamera HP sebelum terlambat.

Berikut beberapa cara menghilangkan embun di kamera HP:

1. Menggunakan Hair Dryer
Cara menghilangkan embun di kamera HP pertama adalah memakai bantuan hair dryer. Hair dryer merupakan alat yang biasa digunakan untuk mengeringkan rambut karena bisa mengeluarkan suhu panas.

Kamera HP berembun diakibatkan air yang masuk ke dalam. Embun ini adalah sisa-sisa penguapan dari air tersebut. Maka, hair dryer digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa penguapan air yang ada di dalam kamera HP. Caranya:

a. Mematikan HP terlebih dahulu.
b. Nyalakan Hair Dryer dan gunakan suhu paling rendah.
c. Arahkan hair dryer pada bagian kamera HP dan lakukan pengeringan secara perlahan.

2. Menggunakan Sinar Matahari
Cara menghilangkan embun di kamera HP yang berikutnya adalah menggunakan bantuan sinar matahari. Langkah ini merupakan langkah termudah.

Namun, Anda tidak boleh menjemur HP secara langsung di bawah matahari begitu saja. Sebab, bisa menyebabkan suhu panas berlebih pada HP. Caranya:
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1504 seconds (11.252#12.26)