2 Cara Membuat Efek Bokeh Menggunakan Kamera HP, Ternyata Mudah

Jum'at, 24 Maret 2023 - 15:33 WIB
loading...
2 Cara Membuat Efek Bokeh Menggunakan Kamera HP, Ternyata Mudah
Cara membuat efek bokeh menggunakan kamera HP bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Cara membuat efek bokeh menggunakan kamera HP bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Terlebih, saat ini cukup banyak ponsel yang menggunakan lensa ganda sebagai salah satu perlengkapannya.

Tren efek foto bokeh menjadi salah satu yang cukup populer dan banyak dibuat. Alasannya tentu karena hasil fotonya lebih menarik dengan objek utamanya yang dibuat fokus dan tajam.

Mengutip laman Smartphone Photography, pembuatan efek bokeh bisa dilakukan dengan mudah di HP lantaran banyak ponsel yang dielngkapi lensa ganda.

Selain itu, pembuatan efek ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pendukung yang dapat dipasang di perangkat terkait.


Cara Membuat Efek Bokeh dengan Kamera HP

1. Menggunakan Kamera HP Secara Langsung

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan efek bokeh pada foto yang diambil dengan kamera HP. Pertama, tentu adalah objek yang akan menjadi fokusnya.

Kedua, Anda juga perlu mengatur jarak antara objek dengan background foto. Selain itu, cobalah untuk menghindari objek atau latar belakang foto yang ramai. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan hasilnya nanti.

Kemudian, untuk hasil yang lebih optimal lagi, Anda juga bisa menggunakan bantuan tripod. Namun, jika dirasa tidak perlu bisa diabaikan saja.


2. Menggunakan Bantuan Aplikasi Pendukung

Cara membuat efek bokeh menggunakan kamera HP berikutnya adalah melalui bantuan aplikasi pendukung. Dari sekian banyak aplikasi yang bisa digunakan, salah satu di antaranya adalah PicsArt.

-Pertama, pastikan Anda telah mengunduh aplikasi PicsArt di perangkat.
-Setelah itu, buka aplikasi PicsArt. Lalu, pilih ikon (+) untuk memulai pengeditan foto.
-Kemudian, silahkan pilih foto yang ingin diselipkan efek bokeh. Dalam hal ini, bisa memilih opsi ‘Effects’, lalu pilih ‘Blur’.
-Setelahnya, silahkan atur tingkat blur serta fade pada foto. Lakukan juga editing pada bagian lain, termasuk objek utamanya.
-Apabila sudah sesuai, pengguna bisa menerapkan efek ini dengan memilih tanda centang di kanan atas layar. Jangan lupa juga untuk menyimpan hasilnya.
-Selesai.

Demikian ulasan mengenai cara membuat efek bokeh menggunakan kamera HP dengan mudah.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)