Apa Itu Akun Troll dan Bagaimana Menghadapinya?

Kamis, 17 Maret 2022 - 06:55 WIB
loading...
Apa Itu Akun Troll dan Bagaimana Menghadapinya?
Akun troll memiliki tujuan untuk provokasi atau membuat marah orang lain. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Istilah internet troll atau trolling sering muncul di dunia maya. Ini mengacu pada tingkah seseorang yang dengan sengaja mencoba menimbulkan masalah atau konflik dengan memposting komentar kontroversial atau menghina.

Akun troll memiliki tujuan untuk membuat marah orang lain. Atau, bisa juga memprovokasi mereka untuk mengeluarkan kata-kata kasar, juga menyakiti hati orang lain.

Akun troll biasa ditemukan di berbagai platform internet . Mulai dari media sosial seperti Facebook, Twitter hingga Instagram, forum, serta ruang obrolan.

Akun troll muncul karena di internet pengguna bisa menggunakan nama anonim sesuai yang diinginkan. Jadi, mereka sengaja menyembunyikan identitas aslinya atau anonim. Jadi, bebas melarikan diri, dan inilah yang jadi pemicunya.



Memang apa bedanya trolling dengan mengemukakan pendapat? Ternyata, trolling tidak sama dengan berpendapat dan berargumen.

Sebab, kegiatan trolling sama sekali tidak berniat untuk melakukan diskusi sehat. Mereka dengan sengaja memprovokasi untuk menimbulkan ketidaknyamanan orang lain. Jika orang lain terpicu dengan cara marah-marah atau kesal, maka akun troll menganggap diri mereka berhasil.

Apa Itu Akun Troll dan Bagaimana Menghadapinya?

Memang agak sulit membedakan mana trolling dan mana seseorang yang benar-benar ingin berdebat tentang suatu topik. Tapi, bukan berarti tidak bisa dibedakan sama sekali. Berikut tanda-tanda akun sengaja melakukan trolling melansir dari laman Kaspersky:

1. Keluar topik
2. Mengabaikan bukti atau fakta
3. Menggunakan kata-kata yang cenderung meremehkan atau menyerang
4. Memposting gambar-gambar atau stiker/meme yang tidak berkaitan dengan topik

Apa Itu Akun Troll dan Bagaimana Menghadapinya?

Secara umum, jika seseorang tampaknya tidak tertarik pada diskusi yang sehat, mereka akan sengaja melakukan provokasi.
Nah untuk menghindari akun troll di media sosial ada tips yang bisa dilakukan, berikut tipsnya:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8995 seconds (0.1#10.140)