Cara Cerdas Membuat Konten Jualan di Media Sosial

Kamis, 06 Oktober 2022 - 14:47 WIB
loading...
Cara Cerdas Membuat Konten Jualan di Media Sosial
Pengguna media sosial di Indonesia yang semakin meningkat setiap tahun membuka ruang bagi pelaku usaha untuk mengalihkan bisnis mereka. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerjasama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi mengadakan kegiatan Webinar tentang “Membuat Konten Usaha di Media Sosial"



Berdasarkan Penelitian We Are Social Hootsuite per Februari 2022 di indonesia terdapat 204,7 juta pengguna internet dan pengguna media sosial aktif mencapai 191,4 juta. Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 berada pada level “sedang” dengan skor 3,49.

Pengukuran dengan Kerangka Indeks Literasi Digital tahun 2021 ini menggunakan empat pilar, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital. Karena masih berada di level “sedang”, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD melakukan berbagai kegiatan seperti webinar untuk meningkatkan kecakapan Digital Masyarakat.

Pengguna media sosial di Indonesia yang semakin meningkat setiap tahun membuka ruang bagi pelaku usaha untuk mengalihkan bisnis mereka kesana. Penggunaan media sosial yang tergolong mudah dan tersedianya fitur untuk berjualan di berbagai platform menjadi daya tarik bagi semua kalangan untuk mulai berbisnis di media sosial.
Cara Cerdas Membuat Konten Jualan di Media Sosial

Ketika menggunakan media sosial sebagai sarana bisnis, maka konten yang dibuat harus sesuai dengan strategi marketing usaha kita. Konten yang di produksi untuk mempromosikan usaha kita harus menggambarkan dan menjelaskan usaha apa yang kita kembangkan.

Human Resource PT. Dana Mandiri Sejahtera Sri Maryati mengatakan dalam memuat konten promosi produk harus spesifik. “Agar konten promosi produk kita memiliki nilai tinggi dan mudah dalam mencakup banyak penonton harus spesifik dalam gambaran visual dan audionya. Konten yang spesifik dan tidak membingungkan penonton bisa membuat mereka tertarik untuk membeli produk yang kita tawarkan”, katanya dalam Webinar tersebut Kamis, 06/10/2022).

Sri juga mengajak pelaku usaha di media sosial untuk manfaatkan ciri khas produk dalam promosi sehingga menjadi daya tarik bagi calon pembeli. “Tawarkan keunikan produk yang kita jual dalam konten promosi kita. Keunikan tersebut bisa menjadi daya tarik dan hal pembeda produk kita dengan produk orang lain”, terangnya.

CEO Guru Youtuber Dirgantara Wicaksono media sosial menjadi sarana utama untuk penyebaran konten promosi usaha. “Penggunaan aplikasi percakapan dan media sosial memberikan keleluasaan para penggunanya untuk memproduksi dan mendistribusikan berbagai macam konten, termasuk konten promosi usaha online kira”, ungkap Dirgantara.

Sebagai pelaku bisnis di media sosial kita harus memperhatikan konten yang kita buat agar maksimal dan menarik minat penonton. “Pertama kenali target audience yang kita tuju, siapkan konsep yang matang, jangan lupa persiapkan juga alat untuk produksi kontennya dan terakhir rutin dalam membagikan konten yang kita produksi”, jelas Dirgantara.

Head of Operations Meraki Kreasi Bangsa Mikail Karimov mengatakan ada beberapa hal yang wajib ada dalam konten usaha kita. “Item yang harus ada dalam konten usaha adalah foto produk, selanjutnya penjelasan dan edukasi tentang produk yang kita tawarkan. Hal selanjutnya yang harus ada adalah testimoni serta fitur dan manfaat dari produk yang kita jual”, terang Mikail.

Konten usaha yang bagus dan menarik bisa tercipta jika dipersiapkan dengan maksimal dan sebaik mungkin kata Mikail. “Tips yang bisa dilakukan adalah konten sesuai dengan jenis usaha, kualitas dan kuantitas konten dibuat sebaik mungkin, selanjutnya konsisten dalam produksi kontennya, ikuti trend yang sedang banyak dibahas dan terakhir tetap pahami etika perkontenan”, ungkap Mikail.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2647 seconds (0.1#10.140)