Bantu Para Borrowers-nya, Restock.id Kucurkan Rp750 Miliar

Rabu, 26 Januari 2022 - 12:18 WIB
loading...
Bantu Para Borrowers-nya, Restock.id Kucurkan Rp750 Miliar
Restock.id, salah satu platform peer to peer (P2P) lending di Indonesia Kucurkan Rp750 Miliar untuk Borrowers. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Restock.id, salah satu platform peer to peer (P2P) lending di Indonesia yang berkembang pesat sejak berdiri pada September 2019. Dalam tempo 2 tahun, penyaluran dana Restock.id ke para borrowers-nya (penerima pembiayaan/UKM) meningkat drastis dari 12 miliar rupiah di tahun 2019 menjadi 750 miliar rupiah di akhir tahun 2021.



“Pada tahun 2020, penyaluran dana Restock.id sebesar 150 miliar rupiah, dan kemudian naik menjadi 750 miliar rupiah di tahun 2021. Meningkatnya penyaluran dana kepada para borrowers ini terjadi karena beberapa hal. Model bisnis Restock.id terbilang cukup unik, berbeda dengan P2P lending lainnya yang menyalurkan dana kepada perseorangan dan produk multiguna,''

'' Kami menyalurkan dana pada usaha-usaha kecil dan menengah produktif, dengan sistem inventory financing, yaitu persediaan atau stok produk terbaik mereka dijadikan jaminan untuk memperoleh pembiayaan dari para lender.” tutur Chief Sales Officer Restock.id, Rega Sardjono dalam keterangan persnya di Jakarta (Rabu (26/1/2021).

Lebih lanjut Rega menjelaskan, bahwa Restock.id menargetkan usaha-usaha industri yang berbasis retail dari UKM lokal yang bergerak di produk fashion retail, consumer goods (contoh: gula, minyak, kosmetik, dan berbagai jenis barang yang biasa ditemukan di supermarket), termasuk usaha-usaha Direct-to-Consumer.

Restock.id juga telah memberikan pendanaan pada UKM retail yang bergerak di industri healthcare (masker, antigen, PCR, hand sanitizer) yang booming di masa pandemi Covid-19. Restock menyasar UKM yang cenderung unbankable karena banyak institusi keuangan lainnya yang belum dapat menerima pengajuan pinjaman dari para pengusaha UKM.

“Di masa pandemi, ekosistem pendukung retail online semakin menguat. Dan ini otomatis membantu bisnis yang dijalankan para UKM menjadi semakin maju. UKM-UKM ini kesulitan mendapatkan pendanaan dari institusi keuangan lainnya karena kurang atau tidak ada jaminan berupa aset yang cukup, padahal mereka punya potensi tinggi untuk maju dan berkembang. Di situlah Restock menawarkan pembiayaan usaha berdasarkan stok barang yang mereka miliki,” lanjut Rega.

Keunikan Restock.id tidak hanya sampai di situ. Selain sistem pinjaman yang tidak memberatkan borrowers, P2P lending yang berbasis di Jakarta ini juga mereferensikan ekosistem yang mendukung bisnis para borrowers, seperti pergudangan (penyediaan lokasi dan pengiriman barang) yang membantu UKM mengembangkan dan mengelola sistem logistik dengan lebih efisien dan efektif.

Sampai awal 2022 ini, penerima pembiayaan Restock.id sudah mencapai 120 UKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu success story UKM yang dibiayai oleh Restock.id adalah Erigo Store yang digawangi Muhammad Sadad.

Restock.id membantu pembiayaan Erigo Store sejak tahun 2019, mendukung Erigo dalam upaya mengubah penjualan dari offline menjadi online karena pandemi, yang kemudian sukses luar biasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2118 seconds (0.1#10.140)