Gandeng Gogoro, Gojek Siap Banjiri Jakarta dengan Motor Listrik

Selasa, 02 November 2021 - 08:57 WIB
loading...
Gandeng Gogoro, Gojek Siap Banjiri Jakarta dengan Motor Listrik
Gojek dan Gogoro bekerja sama dengan Pertamina akan menggelar uji coba baterai swap dan kendaraan listrik roda dua di Jakarta. Foto: dok Gogoro
A A A
JAKARTA - Sebagai pasar kendaran roda dua terbesar ke-3 di dunia, Indonesia memiliki potensi penjualan 7 juta motor per tahun dengan penetrasi kendaraan listrik kurang dari 3%.

Langkah Gojek untuk menjadi platform karbon-netral dan mentransisi 100% kendaraan listrik roda dua di tahun 2030 sudah dimulai dengan menggandeng startup Gogoro.

BACA JUGA: Xiaomi 11T 5G Siap Meluncur Kamis 4 November 2021, Begini Tampilannya!

Gogoro bukan perusahaan lokal. Tapi, perusahaan asal Taiwan yang berdiri pada 2011. Perusahaan tersebut dikenal dengan inovasi ekosistem baterai swap. Kemitraan Gojek (perusahaan GoTo Group) dan Gogoro saat ini mencakup dua bidang kerja sama utama.

Pertama, investasi GoTo Group di Gogoro melalui skema Private Investment in Public Equity (PIPE). Kedua, kerja sama Gojek, Gogoro, dan Pertamina lewat skema percontohan baterai swap dan uji coba kendaraan Gogoro Smartscooter di Jakarta.

”Salah satu tantangan terbesar di Indonesia adalah upaya mentransformasi moda transportasi perkotaan ke moda transportasi generasi baru yang memanfaatkan kendaraan listrik roda dua,” beber Horace Luke, pendiri dan CEO Gogoro.

Menurut Horace, baterai swap Gogoro merupakan inovasi terkini di pengisian bahan bakar listrik. ”Kami menghadirkan platform terbuka untuk mendukung produsen kendaraan roda dua dalam memperkenalkan kendaraan listrik yang dapat melakukan pengisian bahan bakar secara cepat, aman, dan mudah digunakan,” tambahnya.

Sementara itu, Co-Founder dan CEO Gojek Kevin Aluwi menyebut bahwa Gojek dan Gogoro punya misi sama. Yakni, memperluas adopsi kendaraan listrik. ”Kemitraan seperti ini penting. Menggabungkan jangkauan luas Gojek di Indonesia serta kemampuan Gogoro, kami dapat mempercepat perubahan dan berbagi manfaat kendaraan listrik kepada lebih banyak mitra driver dan konsumen,” ujar Kevin.

Uji Coba Gojek x Gogoro
Gandeng Gogoro, Gojek Siap Banjiri Jakarta dengan Motor Listrik

Berbasis di Jakarta, uji coba Gojek dan Gogoro akan menghadirkan 250 Gogoro Smartscooter dan empat stasiun baterai swap GoStation yang akan berlokasi di SPBU Pertamina.

Selanjutnya, kedua perusahaan berencana meningkatkan uji coba menjadi 5.000 kendaraan listrik roda dua dan menghadirkan lebih banyak stasiun baterai swap.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1069 seconds (10.177#12.26)