Motor Listrik Volta Gunakan Solusi IoT Telkomsel, Bisa Matikan Motor dari Jarak Jauh

Sabtu, 15 Juli 2023 - 14:02 WIB
loading...
Motor Listrik Volta Gunakan Solusi IoT Telkomsel, Bisa Matikan Motor dari Jarak Jauh
Kolaborasi Volta dan Telkomsel dalam penerapan teknologi Internet of Things (IoT) pada motor listrik di booth Volta pada acara Pekan Raya Jakarta 2023, Jumat (14/07). Foto: Volta
A A A
JAKARTA - Pabrikan motor listrik Volta menggandeng Telkomsel untuk menerapkan solusi Internet of Things (IoT) pada motor listrik. Penerapan solusi IoT Telkomsel dalam motor listrik Volta membuat pengguna dengan mudah mendapatkan informasi yang komprehensif mengenai unit motor listrik mereka dari satu aplikasi. Misalnya, status penggunaan baterai, lokasi stasiun pengisian baterai, dan beragam informasi bermanfaat lainnya.

Dampaknya, diklaim lebih aman. Sebab, dengan adanya teknologi IoT ini, pengguna dapat melakukan on atau off mesin dari jarak jauh.
Direktur Volta Iwan Suryaputra mengatakan, kolaborasi dengan Telkomsel dilakukan untuk memperluas batas-batas kemungkinan dalam pengembangan motor listrik. “Kami juga terus fokus pada peningkatan performa, kualitas keandalan motor listrik, serta penguatan infrastrukturnya,” bebernya.

Sebelumnya, Volta dan Telkomsel juga telah bekerja sama dalam beberapa inisiatif seperti Telkomsel Jaga Bumi yang menghadirkan program bundling motor listrik serta penjualan motor listrik Volta bersubsidi di aplikasi MyTelkomsel.

Risiko Keamanan IoT, Bisa Dimanfaatkan Hacker

Internet of things (IoT) memang meningkatkan kenyamanan konsumen, namun juga meningkatkan celah kemananan bagi hacker.
Device IoT yang terhubung langsung dengan tubuh memiliki data sensitif dan berpotensi mengancam keselamatan manusia jika disalahgunakan.

Sebab, penyusup dapat mendapatkan akses ke semua device dan data melalui jaringan. Masalah yang dapat menyebabkan ketidakamanan jaringan antara lain port yang terbuka (seperti Universal Plug dan Play (UPnP)), User Datagram Protocol (UDP), buffer overflow, denial of service (DoS), dan networkdevicefuzzing.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2147 seconds (0.1#10.140)