Baca Detail Kondisi Pasien, RS Mandaya Gunakan Teknologi 4.0 Berbasis 3D Print

Kamis, 07 Oktober 2021 - 16:38 WIB
loading...
Baca Detail Kondisi Pasien,  RS Mandaya Gunakan Teknologi 4.0 Berbasis 3D Print
Tidak hanya dari sisi pasien, teknologi E3D memberikan berbagai kemudahan serta rasa aman bagi para praktisi kesehatan sendiri. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Sebuah kerjasama menarik di bidang teknologi kesehatan sukses dilakukan oleh rumah sakit Mandaya dengan Aryaguna Technology, yaitu teknologi software E3D.

Teknologi software E3D yang dikembangkan oleh PT Teknologi Aryaguna Sejahtera ini memiliki kemampuan untuk menciptakan prototype 3D Print. BACA JUGA - Desa Afrika Ini Memiliki Sekolah dari Printer 3D Pertama di Dunia

Teknologi ini merupakan suatu terobosan terbaru dalam bidang kesehatan yang akan memberi gambaran secara jelas dan mendetail dengan objek visual yang sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya, sehingga dapat memudahkan proses komunikasi antara praktisi medis dengan pasien.

Kemudahan dalam berkomunikasi tersebut dipercaya mampu memberi rasa aman yang lebih kepada pasien ketika hendak menjalani berbagai proses medis yang biasanya terdengar cukup menyeramkan dan menjadi hal yang aman untuk dijalani.

”Saya merasa lebih percaya diri dalam melakukan operasi yang sudah terlebih dahulu saya rencanakan dengan 3D Printing sebelumnya. Tahapan operasi akan berjalan lebih cepat dan persiapannya akan lebih lengkap sehingga menghindari hal-hal yang tak terduga sebelumnya.” Ungkap dr. Patar Parmonangan Sp.OT salah satu Dokter Ortopedi di RS Mandaya.

Tidak hanya dari sisi pasien, teknologi E3D memberikan berbagai kemudahan serta rasa aman bagi para praktisi kesehatan sendiri. Mampu melihat dengan jelas serta mendetail berbagai permasalahan yang akan dihadapi sebelum melakukan tindakan, tentunya dapat membantu para praktisi melakukan perencanaan yang lebih matang dan tepat sasaran sehingga mampu memperkecil resiko kegagalan dalam pelaksanaan tindakan medis.

”Teknologi yang kami kembangkan memudahkan pemberian informasi dari dokter kepada pasien dengan lebih detail dan real. Dokter pun dapat mempersiapkan pre-surgery planning dengan lebih matang dan presisi,” ungkap CEO Aryaguna Technology Samuel Theodorus dalam keterangan tertulisnya belum lama ini.

Sadar akan penting dan perlunya rasa aman bagi para pasien dalam menjalankan berbagai prosedur kesehatan yang cukup besar, Rumah Sakit Mandaya Grup berinisiatif untuk menjadi pelopor dalam penggunakan teknologi E3D yang berbasis 3D Print ini.

”Dengan 3D Printing kita bisa menciptakan berbagai macam kelainan yang kita kehendaki, sehingga kita bisa berlatih berbagai macam skenario operasi yang diharapkan dan bisa meningkatkan kemampuan dokternya bila menghadapi kondisi yang sama secara riil.” tandas dr. Patar.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2924 seconds (0.1#10.140)