Tes Kecepatan Internet, Apa Gunanya?

Senin, 26 Juli 2021 - 16:05 WIB
loading...
Tes Kecepatan Internet, Apa Gunanya?
Tes kecepatan internet bisa dilakukan menggunakan beberapa aplikasi. Foto: Sindonews/Danang Arradian
JAKARTA - Tes kecepatan internet ternyata sangat penting dilakukan karena banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan.

Seperti namanya, Internet Speed Test atau tes kecepatan internet adalah pengujian untuk mengetahui kapasitas maksimal jaringan internet yang kita gunakan. Baik untuk mengunggah maupun mengunduh data.

BACA JUGA: Perlukah Berganti Ponsel 5G di 2021?

Nah, nilai rata-rata dari data tersebut dinamakan bandwith. Dengan bandwith, kita bisa tahu seberapa cepat atau lambat koneksi internet yang kita gunakan.



Ukuran bandwith biasanya dalam satuan Mbps atau megabyte per second. Jika kecepatan internet 3 Mbps, artinya kecepatan data berpindah adalah 3 megabytes setiap 1 detik.

Apa gunanya mengetahui hal ini? Macam-macam. Misalnya, kita ingin mengetahui berapa kecepatan internet di lokasi tertentu atau tempat tertentu. Misalnya di kafe, hotel, atau rumah teman, misalnya.

Setelah kita tahu berapa kecepatan internet yang digunakan, paling tidak kita bisa memiliki ekspektasi terhadap kegiatan yang sedang dilakukan. Misalnya ketika butuh internet untuk bekerja, download sesuatu, dan lainnya.

Jika kecepatan internet hanya 3 Mbps, misalnya, maka jangan harap untuk mengunduh game atau update aplikasi. Karena akan lama sekali. Kecepatan dibawah 10 mbps hanya nyaman untuk kerja-kerja penting dan seperlunya, seperti mengirim email, chatting, dan lainnya.

Download, Upload, dan Ping
Ada tiga hal utama yang harus diperhatikan dalam melakukan tes kecepatan internet. Pertama adalah download speed (kecepatan mengunduh), upload speed (kecepatan mengunggah), dan ping (jeda waktu).
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE