5 Fitur Keamanan Telegram, Bisa Kirim Pesan Rahasia!

Senin, 19 Juli 2021 - 10:30 WIB
loading...
5 Fitur Keamanan Telegram, Bisa Kirim Pesan Rahasia!
Telegram memiliki fitur yang lebih beragam dibanding jejaring sosial seperti WhatsApp. Foto: ist
JAKARTA - eski tidak sebesar pengguna WhatsApp, Telegram punya pengguna setianya sendiri. Ini karena fiturnya yang unik, juga ketersediaannya di berbagai platform, termasuk iOS, Android, dan juga desktop.

BACA JUGA: Review POCO M3 Pro 5G, Ponsel 5G Termurah di Indonesia Bisa Apa?

Misalnya saja bisa menampung 200.000 anggota grup, memiliki fitur Channel, dan masih banyak lagi. Pengguna juga dapat mengirim pesan, foto, video, dan semua jenis file (doc, zip, mp3, dll.).

Selain itu, Telegram juga punya fitur keamanan beragam. Nah, berikut adalah beberapa fitur keamanan layanan chat yang didirikan oleh Pavel Durov tersebut:

1. Kunci pesan/Lock Chat
Pengguna Telegram bisa memanfaatkan fitur lock chat agar isi pesan tidak ketahuan orang lain. Cukup klik tombol Setting – Privacy and Security – Passcode and Touch ID – Pasang PIN atau Touch ID. Pesan otomatis terkunci setelah aplikasi tidak digunakan selama beberapa menit. Untuk membukanya, klik ikon lock chat pada bagian atas aplikasi.

2. Secret Chat, Kirim Pesan Rahasia
Melalui fitur ini pengguna bisa mengirim pesan rahasia. Pesan ini dienkripsi end-to-end, sehingga tidak ada pihak ketiga yang bisa melihatnya. Termasuk pihak Telegram.



3. Two-Step Verification
Fitur two-step verification mengharuskan pengguna memasukkan password setiap kali masuk ke akun Telegram pribadi melalui perangkat yang baru atau lama. Password dibutuhkan sebagai pelengkap dari OTP (one-time password) yang muncul ketika pengguna memasang akun Telegram di perangkat baru. Fitur ini berguna untuk melindungi akun pengguna aplikasi dari para pencuri identitas yang mengetahui password dan berusaha meretas.

4. Server proxy
Telegram mendukung server proxy. Memungkinkan pengguna menyembunyikan IP address dengan mengkoneksikan akunnya ke sebuah server proxy khusus. Cara kerja fitur ini sama seperti VPN connection yang lazim digunakan untuk melindungi identitas di internet. Masuk ke Settings – Data and Storage – Proxy Settings.

BACA JUGA: Berani Jual Vitamin dan Obat Palsu, Shopee Bakal Laporkan ke Polisi

5. Hapus Pesan Terkirim
Telegram bisa menghapus pesan yang sudah terkirim kapan pun dan tanpa ada batas waktu. Jadi, jika ingin menghapus pesan yang sudah terkirim sebulan lalu, masih bisa melakukannya.
(dan)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE