Tiga Alasan Mengapa RAM Smartphone Tidak Harus Besar

Jum'at, 16 Juli 2021 - 21:25 WIB
loading...
Tiga Alasan Mengapa RAM Smartphone Tidak Harus Besar
RAM hanya berfungsi saat smartphone dalam keadaan hidup atau beroperasi, misalnya untuk menyimpan data aplikasi yang sedang aktif digunakan. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Spesifikasi jadi salah satu faktor utama yang memengaruhi konsumen dalam memilih smartphone.

Selain prosesor, RAM biasanya juga jadi pertimbangan penting. Sebenarnya, apa sih fungsi RAM? Random Access Memory atau RAM merupakan hardware dalam smartphone yang memiliki kegunaan sebagai tempat penyimpanan data sementara.



RAM hanya berfungsi saat smartphone dalam keadaan hidup atau beroperasi, misalnya untuk menyimpan data aplikasi yang sedang aktif digunakan. Lalu, apakah RAM ada hubungannya dengan performa smartphone?

Jika pengguna mengharapkan perubahan performa drastis dengan RAM yang lebih besar, sebenarnya hal tersebut kurang tepat.
Sebagai contoh, ketika ada dua smartphone dengan RAM 6GB dan 8GB, bukan berarti smartphone dengan RAM 8GB memiliki performa lebih kencang.

Namun, RAM besar berguna untuk membiarkan semakin banyak aplikasi untuk tetap berjalan di background. Jadi sebenarnya RAM besar bukan merupakan kebutuhan yang esensial bagi pengguna, khususnya pada kalangan entry level smartphone. Nah, beriktu tips untuk memilih RAM yang tepat:

Sesuai Kebutuhan
Tiga Alasan Mengapa RAM Smartphone Tidak Harus Besar

Setiap konsumen memiliki tendensi memilih smartphone dengan spesifikasi tinggi. Termasuk ukuran RAM besar.

Tapi, akan lebih baik jika ukuran RAM disesuaikan dengan penggunaan smartphone sehari-hari. Misalkan, jika Anda menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan, maka RAM besar merupakan pilihan tepat.

Namun, jika penggunaan smartphone Anda tidak terlalu berat, maka tidak ada alasan untuk membeli smartphone dengan fitur berlebihan, yang pada akhirnya tidak akan digunakan.

Kinerja RAM dipengaruhi OS
Anggapan bahwa RAM besar merupakan jaminan pindah aplikasi menjadi lebih lancar juga menjadi kurang tepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2579 seconds (0.1#10.140)