Cara Kreatif Bikin Konten lewat Smartphone Selama PPKM

Senin, 05 Juli 2021 - 14:30 WIB
loading...
Cara Kreatif Bikin Konten lewat Smartphone Selama PPKM
Mulai Pro Mode, refleksi, hingga sinar matahari menjadi strategi untuk mengoptimalkan foto di Galaxy A52. Foto: dok Samsung
JAKARTA - Sejak pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai Senin, 5-20 Juli 2021, aktivitas masyarakat kembali terbatas. Mau tidak mau, harus lebih banyak beraktivitas di rumah.

Nah, Berikut adalah lima tips ala Samsung untuk meningkatkan keterampilan fotografi di perangkat Galaxy A Series, tepatnya Galaxy A52, saat berada di rumah:

BACA JUGA: Cara Registrasi Surat STRP Agar Pekerja Bisa Lolos Penyekatan di Jakarta

1. Coba-coba pengaturan Mode Pro
Cara Kreatif Bikin Konten lewat Smartphone Selama PPKM

Jika terbiasa dengan mode otomatis, tak ada salahnya mencoba Pro Mode. Dalam Pro Mode, pengguna bisa mengontrol pengaturan individual seperti ISO, shutter speed, dan aperture. Misalnya, menggeser ke kiri dalam mode Manual Focus akan mengaburkan gambar dan menciptakan efek bokeh.



Potret warna langit malam menggunakan Galaxy A52 dengan cara menempelkannya ke tripod atau pada permukaan yang stabil dengan kamera dalam Pro Mode.

Atau, eksperimen dengan besaran ISO 300 hingga 400 dan menurunkan shutter speed (misalnya, shutter speed 1/10) untuk menangkap lebih banyak cahaya dalam pemandangan malam yang dramatis.

Jika ingin bermain-main dengan sumber cahaya, coba matikan Auto Focus dalam Pro Mode dan geser jari ke kiri untuk membatalkan fokus gambar dan menciptakan efek bokeh.

Jika memotret di hari cerah, turunkan nilai ISO dan atur shutter speed jadi lebih cepat untuk mengurangi cahaya yang masuk ke sensor dan mengontrol bagian foto yang ingin dibuat lebih terang atau underexposed.

2. Manfaatkan sinar matahari
Biarkan obyek di sekeliling diterangi cahaya matahari saat matahari terbit atau terbenam, yang memancarkan cahaya lembut yang menyebar pada subyek dalam gambar dan menghasilkan kualitas foto yang indah.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda